7 Tips ini Bisa Membuat Smartphone Kamu Secepat Galaxy Note 7

MbahTekno


Sebagai pengguna smartphone Android, khususnya smartphone Android jadul atau smartphone Android kelas menengah ke bawah, tentu kamu sering menemui lag, force close, hang dan sejenisnya. Jika dibandingkan dengan iOS, manajemen daya dan RAM di Android memang sangat buruk.

Nggak percaya? Buktinya adalah prosesor Quad Core dan RAM 2GB pada iPhone 7 dan RAM 3GB pada iPhone 7 Plus. Smartphone terbaru besutan Apple menawarkan performa yang sangat kuat. Sementara Android sudah ada yang menggunakan prosesor hingga Deca Core (10 inti) dan RAM mencapai 6GB. Lalu, bagaimana cara mempercepat kinerja Android yang lambat?

Jangan puas dulu dengan kinerja yang kamu terima dari smartphone Android kamu saat ini. Dengan melakukan beberapa trik tertentu, kamu bisa mengoptimalkan performa smartphone Android kamu agar tidak lemot. Dilansir AndroidAuthority, berikut cara mempercepat kerja Android.


1. Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan dan Rakus Daya



cara mempercepat android - hapus aplikasi yang jarang digunakan

Cara mempercepat Android pertama adalah dengan menghapus aplikasi yang jarang kamu gunakan serta aplikasi yang menguras baterai. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pengguna smartphone yang men-download aplikasi tertentu, hanya 26 persen yang benar-benar menggunakannya hingga sepuluh kali atau lebih. Sementara, 26 persen lainnya hanya menggunakannya sekali dan tidak membukanya lagi. Jadi, pasti ada aplikasi yang tidak terpakai di smartphone kamu.

Setelah kamu membersihkan aplikasi yang tidak terpakai, sasaran berikutnya adalah aplikasi yang menghabiskan baterai. Kamu dapat menemukan aplikasi rakus baterai tersebut melalui Settings > Battery. Kamu akan melihat daftar aplikasi yang paling banyak menghabiskan baterai kamu. Sebenarnya tidak masalah jika kamu memang menggunakan aplikasi tersebut, tapi jika kamu menemukan aplikasi yang jarang kamu gunakan masuk dalam daftar, mungkin itu memang harus dihapus.


2. Mengubah Pengaturan Sinkronisasi



Mengubah Pengaturan Sinkronisasi

Fitur Auto-sync data itu memang penting, jadi jangan matikan fitur ini. Namun, karena berjalan di latar belakang sepanjang waktu, fitur ini bakal cukup menyedot daya, RAM, dan baterai. Solusinya adalah mengubah dan menyesuaikan pengaturan sinkronisasi karena tidak semua layanan harus aktif.

Kamu dapat melihat semua account yang tersinkronisasi dengan membuka Settings > Account > Google. Terus pilih email yang akan kamu sesuaikan dan matikan beberapa fungsi yang tidak kamu butuhkan. Untuk mengubah interval sinkronisasi, kamu harus membuka aplikasi dari masing-masing akun, dan masuk ke pengaturan untuk mengatur waktu sinkronisasi.


3. Mengatur Power Saver



cara mempercepat android - Mengatur Power Saver

Kebanyakan smartphone saat ini dibekali dengan fitur Power Saver atau sejenisnya. Tujuan Power Saver adalah untuk mengatur modus smartphone, misalnya modus performa hingga super saving untuk hemat baterai.

Nah, secara default biasanya smartphone berada di dalam modus normal atau seimbang. Artinya, smartphone kamu belum mengeluarkan semua kemampuan terbaiknya. Maka dari itu, jika kamu butuh kinerja yang lebih andal, kamu harus pilih modus performa meskipun mengorbankan baterai.


4. Mengubah Animasi



cara mempercepat android - matikan animasi

Antarmuka Android dilengkapi dengan animasi halus yang membuat pergerakan menu dan interaksi dengan smartphone lebih menyenangkan. Contohnya, kamu dapat melihat animasi tersebut ketika kamu membuka atau menutup aplikasi, membuka panel notifikasi, mengklik ikon tertentu, dan sebagainya.

Sayangnya, animasi ini juga mempengaruhi kinerja smartphone dan membuat Android lebih lambat. Tapi ada cara untuk mematikannya, yakni melalui pengaturan Developer Options. Secara default, animasi window, transisi, dan animator disetel "1x skala". Artinya, waktu animasi berjalan sekitar satu detik.
Jadi, ketika kamu membuka atau menutup aplikasi, aplikasi tersebut memakan waktu lebih lama satu detik, dan begitu seterusnya. Karena kamu sudah terbiasa, mungkin itu tidak mengganggu. Tapi, cobalah kamu mengubah masing-masing pilihan animasi menjadi 0.5x atau off. Maka, kamu bakal merasakan performa smartphone kamu meningkat.


5. Periksa Pembaruan



cara mempercepat smartphone android -cek update

Cara mempercepat kinerja Android yang lambat selanjutnya adalah dengan memeriksa pembaruan, baik firmware maupun aplikasi. Pastikan kamu sudah menjalankan versi firmware terbaru yang disediakan oleh vendor smartphone kamu. Cara mengeceknya yaitu dengan membuka Setting > Firmware Update.

Selanjutnya, pastikan kamu menjalankan aplikasi versi terbaru. Jadi, kamu harus rajin-rajin update aplikasi di Google Play Store. Versi terbaru tentunya lebih stabil dan juga punya fitur baru.


6. Hapus Bloatware



cara mempercepat kinerja android - hapus bloatware
Beberapa vendor membenamkan banyak fitur dan aplikasi bawaan. Tujuan utama sebenarnya adalah untuk memanjakan para penggunanya. Sayangnya, terkadang tidak semua aplikasi bawaan itu terpakai dengan maksimal. Tidak jarang, kamu juga menggunakan aplikasi pihak ketiga yang serupa dengan fungsi aplikasi bawaan. Dengan menghapus bloatware tentu akan mengurangi jumlah penggunaan RAM dan baterai sehingga smartphone kamu tidak lemot.


7. Root dan Install Custom ROM



custom rom

Android itu open source, jadi siapa pun dengan pengetahuan dapat mengambil kode dasar Android dan melakukan modifikasi atau membuat tweak tertentu. Jadi, maksimalkan dengan melakukan root smartphone Android kamu. Dari titik ini, kamu bisa melakukan banyak hal. Buka saja XDA Developer dan ketikkan jenis smartphone kamu. Maka, kamu akan melihat beragam tips dan trik untuk membuat smartphone kamu lebih cepat.

Jika smartphone kamu tidak mendapatkan dukungan update ke sistem operasi Android terbaru dari vendor, kamu bisa menjajal versi Android terbaru Nougat lewat custom ROM. Beberapa custom ROM yang cukup terkenal antara lain CyanogenMod, Dirty Unicorns, Paranoid Android, Resurrection Remix, Cataclysm, dan lainnya.

Sumber : JalanTikus
sekian dari saya , semoga postingan saya bermanfaat. INGAT! 
pembaca yang baik selalu meninggalkan Jejak ( komentar )
wassalamualaikum..

COMMENT

Click to CommentHide Comment