Apakah Cyanogen akan berhenti di akhir 2016 ini ?

MbahTekno


Tak asing lagi bagi para pengguna perangkat android tentang CyanogenMod. Ya, sebuah ROM Android yang dikembangkan oleh Cyanogen Inc dengan performa yang sangat ringan dan simple.

namun nampaknya dalam waktu dekat ini CyanogenMod akan dihentikan, Bahkan ROM versi Nightlies atau ROM yang masih dalam percobaan pun bakal dihentikan pada akhir bulan Desember ini, Info ini kami dapatkan langsung dari blog resmi CyanogenMod yakni cyngn.com. Menurut Cyanogen Sistem Operasinya ini akan dihentikan pada  tanggal 31 Desember mendatang.

Meski Cyanogen menghentikan seluruh aktivitasnya, namun Source Code Cyanogen OS akan tetap tersedia dan project Open Sourcenya akan tetap berjalan dan bisa dimanfaatkan oleh para Pengembang yang ingin membangun CyanogenMod untuk kebutuhan personal.

Lalu Bagaimana Nasib pengguna CyanogenMod ?

keputusan penghentian ini diharapkan tidak akan sampai mengganggu Smartphone yang menggunakan OS dari Cyanogen seperti Smartfren Andromax Q, OnePlus One dan Lenovo Zuk Z1. namun semua ini masih belum jelas hingga awal tahun 2017 mendatang.

Pemilik Smartphone yang menggunakan OS Cyanogen direkomendasikan untuk mulai belajar dan beralih ke CyanogenMod ROM yang merupakan produk non-komersil Cyanogen dan dikembangkan oleh Steve Klondik yakni Pimpinan mantan co-founder Cyanogen.



Kubu CyanogenMod sendiri setelah mengetahui rencana perhentian OS Cyanogen mengatakan bawha "walau infrastruktur dibalik Cyanogen diberhentikan, namun mereka akan tetap melangsungkan hidup Sistem Operasi / OS tersebut." dan untuk tujuan itu mereka membuat proyek yang akan diberi nama Lineage

menurut tim dari CyanogenMod , Lineage akan kembali bergantung pada komunitas akar rumput dan menjamin akan membuat Sistem Operasi atau OS Android oprekan dengan kualitas yang baik dan bisa diandalkan. Cukup disayangkan memang karena ROM ini tidak hanya untuk satu / dua perangkat melainkan hampir seluruh merek smartphone dapat menggunakan ROM ini.