Inilah Perbedaan 4G Dan 4G LTE

MbahTekno


Seiring bertambah pesatnya teknologi jaman sekarang dan semakin sibuknya kegiatan yang dilakukan manusia . Masyarakat menginginkan sebuah layanan komunikasi yang cepat sekaligus murah . Maka dari itu sekitar tahun 2015 di indonesia telah diluncurkan teknologi yang bernama 4G dan 4G LTE .

Nah dalam postingan kali ini mbah akan menjelaskan perbedaan antara 4G dan 4G LTE .

Apa itu 4G ?

Fourth Generation Technology atau biasa disingkat 4G adalah sistem yang mampu menyediakan jaringan pita lebar ultra yang dapat dipakai untuk berbagai perangkat elektronik seperti PC dan smartphone . Bisa dibilang adik dari pengembangan sistem teknologi sebelumnya yakni 3G dan 2G .
4G merupakan sistem berbasis IP yang terintegrasi secara penuh dimana sistem ini mampu menyediakan berbagai solusi IP yang komprehensif sehingga data , suara , maupun arus multimedia bisa sampai kepada pengguna kapan saja dan dimana saja .

Baca Juga


4G ini mampu menghasilkan kecepatan download yang sangat luar biasa seperti 100 Mb/detik baik didalam ruangan maupun diluar dengan proteksi keamanan yang cukup tinggi . Setiap perangkat elektronik atau gadget yang sudah 4G memiliki nomor IPV6 yang sudah dilengkapi dengan kemampuan berinteraksi telephony dengan berbasis SIP atau Session Initiation Protocol .

Apa itu 4G LTE ?

4G LTE atau LTE atau Long Term Evolution merupakan sebuah standart komunikasi akses data nirkabel tingkat dewa tinggi dengan berbasis jaringan GSM/EDGE dan HSPA/UMTS . Teknologi LTE ini dipercaya memiliki kecepatan download hingga 300mbps dan 75mbps untuk kecepatan uploadnya . Teknologi ini merupakan pengganti dari teknologi HSDPA yang diperkirankan menjadi standarisasi telephone seluler secara global yang pertama di dunia  .

Nah demikianlah perbedaan antara 4G dan 4G LTE , semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda semua ^_^