Siap - Siap Beralih Ke Teknologi 5G

MbahTekno

MbahTekno.net - Siap - Siap Beralih Ke Teknologi 5G

Setiap awal tahun , tepatnya di akhir bulan februari sampai awal maret biasanya pandangan masyarakat dunia tertuju pada kota barcelona , spanyol . Pada waktu - waktu tersebut GSM association secara rutin selalu menggelar ajang pameran teknologi atau biasa dikenal Mobile World Congress ( MWC ) .

Di ajang pameran teknologi tersebut , biasanya dihadiri oleh berbagai produsen smartphone dari berbagai belahan dunia . Hal tersebuf dimanfaatkan oleh pihak - pihak produsen smartphone untuk memperkenalkan secara resmi smartphone yang menjadi andalan mereka atau flagship terbarunya .
Di tahun ini para produsen berlomba - lomba untuk memperkenalkan teknologi internet terbaru yang super kencang yakni 5G . Seperti namanya 5G ini merupakan jaringan nirkabel mobile generasi ke 5 . Melihat kecepatan internet tercepat yang bisa dihasilkan oleh teknologi 4G saat ini mencapai 1Gbps , para developer dan pembuat standarisasi berharap agar kecepatan internet yang bisah dihasilkan 5G mampu mencapai 5Gbps . Menurut survey opensignal , di indonesia sendiri pada sekitar akhir 2016 lalu, kecepatan download sinyal 4G mencapai 8,79 Mbps.

Lalu Untuk Apa Kita Butuh Internet Yang Cepat ?


Meski dengan adanya kecepatan internet dari teknologi 4G yang sekarang ada namun internet yang lebih kencang lagi masih sangat dibutuhkan oleh industri . Menurut Senior Director Engineering Qualcomm John Smee, teknologi 5G bisa membuka peluang baru. Misalnya saja , konten Virtual Reality (VR) bisa lebih mudah disiarkan menggunakan 5G . Contoh lainnya, video-video dengan kualitas tinggi, seperti 4K, memang sangat membutuhkan internet dengan kecepatan yang super kencang agar dapat ditonton dengan nyaman . Oleh karenanya 5G ini sangat dibutuhkan .

COMMENT

Click to CommentHide Comment