Hidup Sehat untuk Hidup Panjang

MbahTekno


Ketahui cara baru agar hidupmu lebih bermanfaat dan segar tiap hari, cara itu adalah untuk memulai hidup sehat. Hidup sehat untuk banyak orang berarti kesehatan untuk fisik dan mental yang seimbang, ataupun berfungsi dengan baik dalam seseorang . Dalam berbagai macam hal, kesehatan fisik dan mental sangat dekat, sehingga perubahan satunya mempengaruhi lainnya. Maka dari itu dibawah akan terdapat tips untuk kesehatan fisik dan mental juga.

Konsultasi Dokter

Jangan lupa untuk mengkonsultasikan kesehatanmu pada dokter, untuk kemungkinan alergi ataupun kecendrungan turunan. Karena perubahan gaya hidup, juga akan berpengaruh pada kesehatanmu, baik itu ke arah yang lebih baik, atau yang lebih buruk. Hidup sehat seringkali di identifikasi dengan harga yang lebih mahal dalam makanan ataupun alat kesehatan. Tetapi jangan khawatir terdapat pinjaman dana tunai tanpa jaminan online untuk memulai gaya hidup sehatmu. Apabila sudah mulai berjalan dengan konsisten, maka biaya akan berkurang juga, dengan demikian anda bisa mengurangi budgetmu perlahan-lahan.

Makan

Setiap orang harus makan untuk tumbuh dan merawat badan yang sehat. Tetapi untuk orang dewasa berbeda dari anak kecil, dan bayi berbeda dengan orangtua. Maka dari itu, kesehatan dan asupan gizi tiap orang pasti berbeda dari umurnya pula. Tetapi yang semua perlu lakukan adalah makan secara teratur, untuk dua kali, atau tiga kali makan sehari. Dan untuk malam hari jangan banyak-banyak, karena badan tidak terlalu banyak bekerja di malam hari untuk pencernaan juga. Bahkan jatuhnya menjadi lemak jenuh apabila makan banyak di malam hari.

Dalam sekali makan, usahakan untuk terdapat buah, sayur, gandum ataupun nasi dan karbohidrat lain, ataupun produk susu  yang minim lemak. Untuk proteinya, pilih daging tanpa lemak, ikan, ungags, telur, dan yang peling pentung adalah kacang-kacangan ataupun biji-bijian. Kurangi minyak, apalagi gorengan di pinggir jalan. Walaupun enak, tetapi anda juga tidak tahu berapa kali si abangnya menggunakan ulang minyaknya.

Makan sehat tidak harus sayur-mayur terus menerus, tetapi sayur jelaslah sangat sehat untuk berbagai macam kegiatan dalam tubuhmu, terutama pencernaan yang butuh banyak serat untuk berfungsi dengan baik. Kurangi daging mentah, memasak makanan diatas 73o C akan membunuh kuman yang tidak diinginkan.

Jauhi gula, karena gula pembentuk utama lemak. Minum-minuman dengan banyak gula malah akan meningkatkan selera makan juga. Jangan memberi hadiah kepada anak berupa cemilan gula. Hal itu membuat pola buruk untuk kebiasaan anak dimasa depan. Makanlah sewaktu lapar, dan berhenti sewaktu kenyang. Jangan paksakan diri anda untuk makan makanan penutup apabila sudah penuh.


Olahraga dan Kesehatan Mental

Menggunakan badanmu, dan daya-daya di tangan ataupun kaki merupakan kontribusi terbesar untuk hidup yang lebih sehat. Seringkali untuk para kelas pekerja suka melupakan adanya otot di perut ataupun otot di betis, sehingga menimbulkan keram dan lambatnya peredaran darah karena kurang mengolah badan. Hidup tanpa olahraga bisa menjadi obesitas, lemah badan, kurangnya pertahanan tubuh, dan secara keseluruhan, rentannya tubuh terhadap penyakit. Lakukan olahraga secara teratur, agar hidup lebih awet dan penuaan melambat. Olahraga juga meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas dan mengurangi resiko jatuh untuk para orang tua. Selain itu olahraga rutin bisa menjauhi berbagai penyakit seperti, serangan jantung, stroke, diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi. Untuk olahraga yang lebih mengangkat berat, maka bisa meningkatkan pertahanan terhadap osteoporosis. Sementara itu untuk kesehatan mental, olahraga juga meningkatkan kepercayaan diri serta mengurangi stress akibat endorphin yang muncul ketika melakukan kegiatan.

Mulai olahraga dengan rutin yang pelan-pelan atau berjarak dekat saja, jangan dipaksa langsung berat, karena badan anda akan kaget dengan beban dadakan. Latihan selama 30 sampai 60 menit tiap hari, sudah cukup untuk kadar olahraga harianmu. Jangan lupa pemanasan dan pendinginan untuk memulai olahragamu, peregangan badan sangat diperlukan untuk mengurangi keram dan meningkatkan fleksibilitas. Olahraga akan sangat efektif diluar ruangan dimana ada matahari dan udara segar, dengan asupan oksigen dan terpaan angin, maka paru-paru anda bisa bekerja lebih baik pula.

Jangan lupa untuk mendapat tidur yang cukup. Untuk orang dewasa hanya butuh maksimal 8 jam untuk tidur, sementara untuk anak kecil perlu sampai 12 jam untuk tidur. Sempatkan untuk tidur siang juga, karena istirhat pikiran akan sangat efektif untuk kesehatan otak. Lakukan beberapa olahraga otak juga, seperti membaca buku, main puzzle, atau main catur, dan coba kuis-kuis tebak-tebakan, untuk selalu mengasah memori dan ketajaman otakmu. Cobalah untuk banyak bergaul dengan teman-teman yang berbeda. Teman-teman yang sehat bisa membantumu meraih hidup sehat juga.

Untuk yang ingin olahraga di rumah dan ingin menggunakan peralatan canggih untuk berolahraga. Anda tidak perlu pusing untuk memikirkan biaya membeli peralatan olahragamu, karena ada Doktor Rupiah, yaitu layanan dari Monily.Id untuk pinjaman tunai online tanpa agunan. Lagipula kesehatanmu adalah yang utama untuk hidup bukan?

Jauhi Rokok dan Alkohol

Rokok dan apapun yang menggunakan nikotin adalah benda yang paling tinggi kontribusi nya dalam membunuh manusia di seluruh dunia. Berhentilah merokok secepat mungkin, karena butuh 15 tahun dalam hidupmu untuk bersih total dari pengaruh rokok yang menempel dibadanmu. Selain itu juga untuk perokok pasif, resikonya juga tidak jauh buruk, perokok pasif bisa banyak masalah paru-paru juga, dan asma pada anak kecil.

Minum alkohol juga akan berpengaruh pada kesehatan hati dan ginjalmu. Selain itu juga bisa memberi pendarahan dalam akibat panasnya alkohol. Karena memabukan, berbagai kecelakaan juga banyak disebabkan karena alkohol. Komitmen untuk berhenti sangatlah penting, karena alkohol juga merupakan candu yang susah ditangani kecuali dari orangnya sendiri.

Jauhi Kegiatan yang Tinggi Resiko

Kegiatan macam-macam bergonta-ganti pasangan juga bisa mengancam kesehatanmu. Seperti rajasinga, herpes, ataupun infeksi HIV. Gunakan kondo* untuk mencegah kemungkinan penyakit. Kegiatan tinggi resiko tidak hanya dari hubungan non-monogami, ataupun kegiatan ekstrim seperti panjat tebing ataupun terjun payung saja. Tetapi juga dari hal-hal kecil seperti mengemudi dengan pengaruh alkohol, atau sedang mengantuk. Mengendarai motor tanpa helm, dan juga merokok diatas kasur. Selalu pikirkan sebab dan akibat dalam melakukan sesautau. Karena berbagai macam kecelakaan dimulai dari kecerobohan minim seseorang.

Jangan lupakan juga menggunakan pelembab badan dan pelindung matahari, karena kulitmu juga mudah terpapar oleh sinar matahari. Dan paparan sinar matahari bisa merusak kulitmu, baik itu terbakar diluar, ataupun didalam. Bahkan kerusakan akibat paparan sinar matahari bisa berlangsung seumur hidup.

Serta selalu ingat untuk minum air setidaknya dua liter tiap hari. Minum air sangatlah penting karena badanmu terdiri dari 80% air, dan setiap pengeluaran yang manusia buat, semua juga terdiri dari air.

Semoga anda bisa selalu hidup sehat, karena hidup sehat juga menyenangkan dan bisa hidup panjang. Mengingat bahwa anda bisa hidup tanpa menyusahkan orang lain juga sangat membantu, apalagi ketika anda sudah tua.

Related Posts