Advertisment

Responsive

Memilih Layanan Hosting Terbaik Yang Harus Anda Ketahui Sebagai Pemula

MbahTekno


Begitu anda akan membuat website langkah awal yang harus dilakukan adalah memiliki hosting terlebih dahulu. Dari berbagai komponen, hosting ini memgang peranan yang sangat penting makadari itu, anda harus berhati-hati ketika akan menggunakan layanan hosting. Pastikan anda selalu memilih layanan hosting terbaik yang sudah terbukti kualitas dan kuantitasnya, jika anda salah memilih layanan hosting maka, akan berdampak pada website yang akan anda dirikan.

Permasalahan polemik akan muncul dikemudian hari jika anda sembarangan memilih hosting. Penting untuk mengetahui kebutuhan yang anda inginkan, hal ini untuk mempermudah menemukan hosting yang tepat kemudian anda harus fokus kepada tujuan anda.

Agar anda lebih mudah dalam menentukan fokus pilihan, sebelum menentukan atau memilih layanan hosting terbaik anda dapat membuat beberapa daftar pertanyaan seperti berikut ini :

  1. Apakah anda sudah menentukan jenis platform seperti apa yang akan digunakan ketika membuat website?
  2. Sudahkah anda menentukan konten seperti apa yang akan anda angkat di dalam websiteanda tersebut?
  3. Apakah anda akan mencantumkan video, gambar animasi atau konten bergambar lain yang memiliki resolusi besar?
  4. Sekiranya, dari mana sajakah pengunjung pada wesiteanda akan berdatangan?
  5. Kapan anda akan melakukan backup data dari website yang anda kelola tersebut?
  6. Adakah layanan tambahan yang andabutuhkan untuk menunjang websiteanda nantinya?
  7. Apakah anda akan mencantumkan contact person tambahan seperti livechat dan telepon? Ataukahanda menganggap bahwa dengan mencantumkan email saja sudah lebih dari cukup?
Poin-poin di atas merupakan kerangka acuan yang nantinya akan menuntun anda bagaimana cara mencari hosting lokal terbaik maupun hosting dalam lingkup dunia. Jadi, pastikananda pikirkan dan membuat daftar pertanyaan tersebut secara matang dan mendetail. Pastikan kembali semua kelengkapan dan daftar pertanyaan anda sudah mencakup secara keseluruhan. Jangan sekali-kali anda meremehkan hal-hal kecil ketika membuat kerangka ertanyaan tersebut sebab, antar satu pertanyaan dengan pertanyaan lainnya akan sangat berkaitan.

Cara mengecek Layanan Hosting


Sebelum menentukan atau memilih layanan hosting yang akan digunakan, simaklah bagaimana cara mengecek hostingdibawah ini agar anda mendapatkan hosting terbaik dan pastinya sangat berkualitas :

1. Melihat kualitas performa yang dimiliki oleh server
Memperhatikan kualitas performa suatu server layanan hosting merupakan komponen yang paling utama dan pertama, sebab keberhasilan dan kesuksesan websiteanda nantinya ditentukan oleh performa server hosting yang anda gunakan.

2. Pelayanan Customer Service 24 jam
Pilihlah layanan penyedia hosting yang siap melayani selama 24 jam, sebab hal ini semakin membuktikan bahwa pihak pemberi layanan adalah situs berkualitas. Dengan layanan 24 jam anda tidak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu mengalami trouble pada hostinganda.

3. Cara menghubungi agen
Perhatikan pula, melalui media apa anda dapat menghubungi pihak agen, agen layanan jasa hosting yang sesungguhnya akan menyediakan fasilitas tiket bantuan, livechat, email bahkan sampai pada layanan panggilan telepon.

4. Harga
Harga yang ditawarkan pihak agen pun tidak boleh luput dari perhatian anda, terutama sebagai pemula. Pastikan bahwa harga yang ditawarkan sesuai dengan paket yang diberikan. Sangat dianjurkan untuk anda memilih layanan hosting yang menawarkan paket unlimited.

5. Memberikan garansi uang kembali
Perusahaan penyedia layanan hosting yang patut anda pilih adalah yang menyediakan fasilitas garansi, seperti uang kembali. Begitu anda merasa tidak puas dengan kinerja hosting yang sudah dibayar dengan menunjukkan bukti yang kuat maka, anda dapat meminta uang kembali kepada pihak perusahaan.

Persyaratan uang kembali dari garansi perusahaan hosting


Beberapa perusahaan hosting terbaik indonesia akan memberikan garansi uang kembali kepada anda dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Masalah hosting yang dialami oleh pelanggan benar-benar murni dari kelalaian perusahaan sehingga berdampak pada kerugian website milik pribadi.
  2. Belum ada sabotase, atau pemodifikasian dari pihak pelanggan terhadap hosting yang dipakai.
  3. Masih dalam masa garansi, perusahaan hosting terbaik akan memberikan batas maksimal garansi. Apabila permasalahan yang anda alami diluar dari masa garansi tersebut maka sudah tidak dapat diuangkan kembali.
Sebelum anda memutuskan meminta garansi uang kembali, hendaknya anda memahami terlebih dahulu secara mendalam persyaratan yang sudah dipaparkan di atas.

Garansi yang berhubungan dengan uang kembali ini hanya dimiliki oleh perusahaan penyedia layanan hosting terbaik saja. Mencakup layanan hostingkaskus, website, wordpress dan sebagainya. Jadi, pastikan perusahaan hosting yang anda pilih dan gunakan jangan sembarangan. Untuk memastikan apakah peruahaan tersebut benar-benar perusahaan terbaik anda dapat meminta rekomendasi kepada rekan anda yang sudah berpengalaman dam dunia website atau anda dapat menanyakannya langsung kepada pihak customerservice, pihak Cs akan menjabarkan dan memberikan informasi secara mendetail kepada anda dengan senang hati.

Fitur pengaman hosting yang harus anda gunakan


Sama seperti perangkat lainnya, ternyata hosting terbaik sekalipun dapat saja terkena gangguan. Mengatasi hal tersebut, alternatif yang dapat anda lakukan adalah dengan memasang beberapa fitur tambahan. Contoh fitur tambahan itu sendiri antara lain :

  1. BitninjaSmartsecurity, fitur ini dapat mengamankan hosting atau server anda dari berbagai serangan seperti serangan malware, botnet bahkan serangan hacker sekalipun.
  2. Websitebuilder, penggunaan fitur ini terlebih dahulu anda harus menginstalplugin.
  3. Softaculous auto installer, fitur yang terakhir ini adalah fitur yang paling banyak digunakan karena sangat sederhana dan begitu mudah digunakan sehingga sangat ccok bagi anda yang masih baru dalam dunia hosting dan website.
Kegunaan fitur-fitur tersebut sangat penting, beberapa fitur bahkan dapat andaperoleh dengan gratis. Penggunaan hosting terbaik bersamaan dengan fitur tambahan pengaman, akan membuat websitenda senantiasa bersih dan bebas daris erangan berbagai hacker. Pastikan anda memilih fitur tambahan yang sesuai dengan hosting milik anda. pilihlah fitur pengaman yang sudah berkualitas dengan begitu keamanan webiste yang andamilikipun akan turut terjamin. Apabila websiteanda bersih maka, kemungkinan pengunjungnya pun akan semakin bertambah.

Itulah beberapa poin penting terkait cara memilih hosting terbaik yang dapat anda lakukan sebagai pemula, pemilihan hosting yang baik akan berpengaruh besar pada kualitas website jangka panjang. Pastikan anda mencermati seluk-beluk hosting yang akan anda pilih, banyak sekali iklan-iklan yang menawarkan hosting dengan harga terjangkau namun, anda jangan mudah tergiur. Pastikan bahwa hosting tersebut berkualitas. Jangan lupa untuk memberikan fitur tambahan yang memiliki fungsi sebagai pengaman. Tanpa anda sadari sebetulnya website yang anda miliki tersebut sangat rentan terserang berbagai malware bahkan ada pula yang menjadi sasaran hacker. Pemasangan fitur tambahan seperti itu sama sekali tidak merugikan dan tidak menguras keuangan anda. Anda dapat mendapatkan fitur tersebut secara Cuma-Cuma.

Related Posts