Cara Flashing dan Instal ROM HP Xiaomi

Cara Flashing dan Instal ROM HP Xiaomi
Monday, May 21, 2018


Beberapa tahun terakhir, Xiaomi menjadi salah satu nama atau merk smartphone dengan penjualan tertinggi di Indonesia. Kualitas produk yang baik dan harga yang terjangkau tentu menjadi alasan mengapa Xiaomi begitu banyak disukai masyarakat, khususnya kalangan menengah ke bawah.

Bahkan Smartphone yang juga mendapat julukan Applenya Tiongkok ini mampu menyamai penjualan dengan merk besar dunia lainnya seperti Sony, Samsung bahkan Apple.

Tak cukup disitu, Xiaomi juga mempunyai keunggulan lain pada sektor pengoperasian dan perawatannya. Seperti halnya ketika smartphone Anda mengalami kerusakan sehingga harus diflash maka cara flasing pun sangat mudah. Begitu pula untuk instal ROMnya.

Penasaran? Yuk simak cara flasing Xiaomi atau instal ROM berikut ini. Nah sebelum masuk pada langkah flashing, terlebih dahulu akan diberitahu jika kali ini Anda akan menggunakan system update. Yaitu cara flashing Xiaomi yang menggunakan langkah atau tahapan update sistem MIUI, dan berikut adalah langkahnya.


  • Silahkan unduh ROM Official Xiaomi di sini dan sesuaikan dengan tipe smartphone Xiaomi yang Anda miliki.

  • Setelah itu downoad Full ROM dan tunggu hingga selesai.
  • Jika sudah selesai diunduh, buat folder baru dengan nama downloaded_rom di internal storage Xiaomi. 
  • Salin file hasil download tersebut pada folder.
  • Berikutnya jalankan aplikasi Updater. Bisa juga melalui menu setting>about phone>sistem update (biasanya terdapat pada bagian paling bawah).
  • Kemudian klik titik 3 yang berada pada pojok kanan atas dan pilih choose update package.

  • Masuk pada folder downloaded_rom dan pilih file ROM yang telah Anda unduh tadi. 
  • Setelah Anda membuka file ROM tersebut, maka akan secara otomatis smartphone Xiaomi Anda melakukan update. Tunggu saja hingga proses selesai dan smartphone restart sendiri.
  • Jika sudah selesai, kemudian smartphone akan boot dan mulai dengan ROM baru yang telah Anda instal tersebut.


Apabila saat pertama kali menyalakan, biasanya akan membutuhkan waktu yang lebih lama, namun hal ini adalah wajar sehingga Anda tak perlu khawatir apabila proses flashing gagal.

Mudah bukan cara flasing atau instal ROM ponsel Xiaomi?

Revan Agus

Seorang Blogger Pemula

Related Post