Root Xiaomi MIUI 8 Tanpa PC

Root Xiaomi MIUI 8 Tanpa PC
Monday, May 21, 2018

MIUI, mungkin singkatan ini sedikit asing bagi Anda yang bukan pengguna smartphone Xiaomi. Ya, sebab MIUI sendiri merupakan sebuah sistem operasi yang khusus digunakan oleh vendor asal Tiongkok ini.

Layaknya Apple, smartphone yang juga dijuluki sebagai Apple nya Tiongkok ini pun memiliki sistem operasi khusus yang akan selalu berkembang dari setiap generasinya.

Hingga saat ini, MIUI telah dibekalkan pada setiap ponsel Xiaomi yaitu minimal MIUI 8. Namun, pada beberapa ponsel keluaran terbarunya, Xiaomi telah melakukan pembaharuan dan membekali produknya dengan MIUI 9.

Sistem operasi terbaru Xiaomi ini tentu membawa produk-produk Xiaomi memiliki kualitas yang begitu baik, khususnya pada sektor dapur pacu. Meskipun begitu, namun tak menutup kemungkinan jika Xiaomi akan mudah terserang gangguan sehingga harus dilakukan root.

Umumnya proses root ini akan dilakukan dengan menggunakan media utama komputer dan beberapa perlengkapan lain. Akan tetapi tidak kali ini, dimana Anda bisa melakukan root tanpa PC. Namun dengan syarat, yaitu smartphone yang Anda miliki harus sudah dibekali MIUI 8 ke atas.

Dan berikut adalah langkah-langkahnya.


  • Buka menu setting pada smartphne Anda lalu klik atau pilih additional setting. 
  • Saat sudah pada menu, carilah menu unknown source dan aktifkan.
  • Kembali pada menu additional setting, kemudian cari menu privacy dan buka. Aktifkan unknown source.
  • Sekarang aplikasi telah bisa diinstal di luar Play Store.
  • Untuk mendapatkan aplikasi tersebut bisa di download ( DISINI ), Anda bisa langsung mendownloadnya pada smartphone Anda. Untuk ukurannya sendiri adalah 20MB. Nah jika proses download sudah selesai, kemudian buka file manager pada ponsel.
  • Buka aplikasi root, dan tunggu sampai proses root selesai. apabila sudah berikutnya install aplikasi superUSER. Fungsi dari aplikasi root ini adalah untuk mendeteksi apakah smartphone Anda sudah berhasil diroot atau belum.
  • Karena fungsi utama aplikasi ini adalah untuk membantu proses root, maka setelah proses root selesai aplikasi ini akan kembali berjalan normal. Ya fungsi utama dari superUSER ini adalah untuk mengakses seluruh pengaturan, penghapusan maupun perubahan file sistem.

Mudah bukan? Jadi jika selama ini Anda mengandalkan PC sebagai media rooting, kali ini Anda cukup menggunakan ponsel yang hendak di root saja.

Revan Agus

Seorang Blogger Pemula

Related Post