Handphone Bermasalah Dan Harus Di Flash, Ikuti Cara Flashing Yang Mudah Ini

Handphone Bermasalah Dan Harus Di Flash, Ikuti Cara Flashing Yang Mudah Ini


Apabila handphone Xiaomi Anda tiba-tiba lambat saat digunakan, kemungkinan memori pada handphone sudah atau hampir penuh, segeralah hapus beberapa file yang kurang dipakai. Namun jika tetap saja lambat saat sudah dikurangi isi memorinya, bisa jadi handphone Xiaomi Anda perlu di flash agar system dalam handphone kembali segar.

Berikut ini adalah cara flashing handphone Xiaomi yang bisa Anda lakukan sendiri.


  • Anda harus download terlebih dahulu ROM file handphone Xiaomi dengan tipe yang sama dengan handphone Anda menggunakan komputer atau laptop. ( download ROM disini )
  • Ubah nama Rom file yang telah selesai Anda download tadi menjadi “Update.zip”.
  • Sambungkan perangkat Xiaomi Anda yang akan di flash dengan laptop atau komputer menggunakan kabel USB, apabila tidak terbaca sebagai media penyimpanan maka terlebih dahulu lakukan instalasi Copy file ROM yang telah di edit tadi ke memori internal handphone, jika pada System Update berkas harus disimpan pada folder Downloaded_rom, maka untuk cara flashing Anda harus menyimpan berkas file ROM di luar folder.
  • Setelah selesai media transfernya, matikan handphone Xiaomi Anda.
  • Nyalakan kembali handphone tetapi dalam status Recovery Mode. Ada dua cara untuk membuat handphone dalam keadaan Recovery Mode.



  1. Buka aplikasi Updater lalu klik menu atau ikon menu yang berada di pojok kanan atas berupa titik tiga. Kemudian pilih menu Reboot to Recovery mode.
  2. Cara yang kedua cukup mudah yaitu Anda bisa menggunakan kombinasi dua tombol. Hanya dengan menekan dan tahan tombol volume atas secara bersamaan dengan tombol power, tahan sampai masuk pada menu recovery.


  • Saat sudah masuk pada menu recovery, Anda bisa menggunakan tombol volume atas atau volume bawah untuk mengarahkan pilihan menu, dan tombol power yang berfungsi untuk memilih menu yang sedang disorot.
  • Kemudian pilihlah bahasa yang Anda inginkan dan selanjutnya arahkan menu ke “install update.zip to system one”. Setelah itu konfirmasi menu menggunakan tombol power.
  • Tunggu hingga proses update selesai lalu klik menu “Reboot to System One” untuk restart hanphone Xiaomi Anda.

  • Tunggulah hingga proses restart selesai dan cara flashing juga selesai.

Dengan demikian, handphone Anda sudah bisa digunakan kembali seperti handphone baru yang tanpa masalah. Selamat mencoba.

Revan Agus

Seorang Blogger Pemula

Related Post