Cara Merawat Speaker Bluetooth yang Anda miliki

Cara Merawat Speaker Bluetooth yang Anda miliki
Seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini telah hadir jenis speaker canggih yang dapat dijadikan sebagai pelengkap audio, yakni speaker Bluetooth. Tak dapat dipungkiri, kehadiran speaker Bluetooth memang menjadi solusi terbaik bagi pengguna audio yang ingin lebih ringkas dalam penggunaannya.

Bagaimana tidak, jenis speaker Bluetooth ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubungnya, namun menggunakan koneksi Bluetooth, sehingga lebih nyaman dan praktis ketika digunakan. Sebagai pelengkap tambahan dalam komputer atau perangkat lainnya, tentunya speaker Bluetooth terbaik yang Anda miliki harus digunakan secara baik dan benar agar tahan lama atau awet.

Lalu bagaimana cara merawat atau menggunakan speaker Bluetooth yang baik dan benar agar tahan lama? Simak penjelasan berikut ini.

1. Pengaturan Volume

Sebagai pengeras suara, tentunya Anda harus memperhatikan volume ketika menggunakan speaker Bluetooth terbaik Anda. Penggunaan speaker Bluetooth yang baik adalah menggunakan volume tidak melebihi 75%. Sehingga jika Anda ingin mendengarkan suara dengan keras, maka bisa menaikkan volume pada perangkat yang digunakan, namun jangan speaker Bluetooth-nya.

Perlu Anda ketahui, penggunaan speaker dengan batas maksimal, dapat memperpendek usia membran dalam speaker Bluetooth. Selain itu, kualitas output suaranya juga akan menurun, bahkan lama-kelamaan akan menimbulkan desis dalam suara yang dihasilkan.

2. Kenali Kemampuan Speaker-nya

Berkaitan dengan pengaturan volume, maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengenali kemampuan volume pada speaker Bluetooth terbaik tersebut. Jika Anda bisa mengenali kemampuannya, maka hanya menggunakannya dalam volume standar saja, suara yang dihasilkan sudah sangat baik dan berkualitas.

Dengan demikian, gunakan speaker Bluetooth sesuai dengan kemampuan dan jangan terlalu dipaksakan. Selain itu, ketika Anda akan mematikan speaker, maka pastikan volume speaker dalam keadaan kecil. Hal tersebut bermanfaat agar ketika dihidupkan speaker tidak bekerja secara spontan, sehingga kualitasnya tetap terjaga.

3. Penyesuaian dengan Tingkat Desibel Tertentu

Mendengarkan musik atau video dengan keras memang lebih mengasyikkan. Nah, salah satu hal yang dapat Anda lakukan agar suara yang dihasilkan speaker Bluetooth keras namun tidak menggunakan batas maksimal volume, maka bisa dengan melakukan penyesuaian terhadap tingkat desibel tertentu.

Untuk mengatur hal tersebut, maka bisa memilih audio tuner atau periset yang telah menyediakan jenis musik pop, jazz, rock atau jenis lainnya.

4. Pengaturan Menggunakan Equalizer

Untuk menghasilkan suara yang keras tanpa melewati batas maksimal speaker Bluetooth, Anda juga bisa menggunakan pengaturan tingkat lanjut melalui pengaturan equalizer. Dengan pengaturan tersebut, maka Anda bisa mendengarkan berbagai musik dengan volume yang diinginkan tanpa merusak speakernya.

5. Memperhatikan Spesifikasinya

Setiap speaker Bluetooth terbaik tentunya memiliki spesifikasi tertentu, sehingga pastikan Anda memahami karakter yang dimilikinya. Hal tersebut memang sangat penting, sebab jika Anda mampu memahami karakter yang dimilikinya, maka Anda bisa menggunakannya sesuai standar yang ditentukan.

Selain itu, setiap speaker Bluetooth juga memiliki daya yang berbeda. Nah, untuk menjaganya agar tetap awet adalah gunakan power unit yang memiliki daya lebih kecil dibandingkan dengan speaker Bluetooth.

6. Memperhatikan Suhu Ruangan

Meski speaker Bluetooth lebih mudah dan praktis dalam penggunaannya, namun Anda tetap harus memperhatikan suhu ruangan ketika menggunakan. Sebab jika suhu ruangan panas, ternyata bisa menyebabkan penurunan kualitas suara dari speaker Bluetooth.

Dengan demikian, maka pastikan ketika Anda menggunakan speaker Bluetooth  harus ditempatkan dalam area yang sejuk serta terhindar dari sinar matahari secara langsung.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah kelembaban ruangan, sebab jika ruangan juga terlalu lembab dapat menurunkan kualitas suaranya. Sehingga jika ingin menggunakan speaker Bluetooth terbaik Anda di luar ruangan, pastikan mencari tempat yang tidak terkena sinar matahari dan curah hujan.

Perlu Anda ketahui pula, bila speaker terkena tetesan air, maka bagian internalnya akan mengalami korosi atau karat.

7. Bersihkan Secara Rutin

Salah satu cara merawat speaker Bluetooth terbaik yang sangat dianjurkan adalah rajin membersihkannya. Sebab meski Anda menggunakannya dengan baik, namun jika tak sering dibersihkan maka akan menyebabkan kerusakan pada rangkaian, bahkan bisa menyebabkan korosi pada speaker Bluetooth.

Memiliki speaker Bluetooth terbaik memang perlu dijaga, sebab jika penggunaannya sembarangan maka dapat memperpendek usia pemakaian. Nah, dengan beberapa ulasan tersebut, tentunya Anda bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan speaker Bluetooth, agar masa penggunaannya lebih lama.
Muhamad Farid

Seorang Blogger Pemula

Related Post