Menilik Manfaat Koyo sebagai Antiinflamasi - MbahTekno

Menilik Manfaat Koyo sebagai Antiinflamasi

Menilik Manfaat Koyo sebagai Antiinflamasi
Rabu, 24 April 2019

Transdermal patch atau yang lebih familiar disebut koyo merupakan benda umum yang mudah anda temui di apotek. Penggunaannya yang praktis dan cenderung tidak memiliki efek samping berbahaya bagi tubuh membuat koyo lebih banyak disukai sebagai pengobatan pertama untuk meredakan nyeri sendi dan otot. Kasus nyeri sendi dan otot sendiri merupakan kasus yang paling banyak menimpa para pekerja kantor karena posisi duduk yang salah serta terlalu lama di atas kursi. Sebenarnya seperti apa manfaat serta cara kerja koyo untuk nyeri sendi dan otot? Berikut ini ulasan untuk anda.

Manfaat Koyo Sebagai Antiinflamasi

Bahan aktif utama yang terdapat di dalam koyo adalah metil salisilat dan mentol. Kedua bahan ini bermanfaat sebagai obat antinyeri dan memberikan efek analgesik di kulit. Meski kandungan metil salisilat pada koyo tidaklah sekuat obat golongan non-steroid seperti asam mefenamat dan natrium diklofenat, namun koyo tetap ampuh untuk mengobati nyeri peradangan ringan. Contoh peradangan ringan yang dapat diobati menggunakan koyo yaitu nyeri akibat penggunaan otot berlebihan, terlalu lama duduk hingga bagian tubuh tertentu menjadi tegang, terdapat cedera pada otot akibat mengangkat benda berat berkali-kali.

Patut diingat bahwa koyo tidak direkomendasikan untuk kasus nyeri otot berat seperti lupus, fibromyalgia (dimana otot akan terasa sakit ketika disentuh), dan rheumatoid artritis (radang kronis yang menyebabkan bengkak dan kaku). Sebaiknya anda langsung ke dokter jika nyeri yang diderita merupakan kasus berat. Biasakan juga melakukan peregangan seperti dijelaskan di https://www.id.hansaplast.co.id/tentang-hansaplast/local/id/Peregangan-agar-tubuh-tenang-dan-otot-gak-tegang agar otot tubuh tidak mudah keseleo.

Cara Kerja Koyo di Tubuh

Ketika koyo ditempelkan di kulit, maka kandungan obat seperti mentol dan metil salisilat pada koyo akan meresap ke dalam kulit. Efek pertama ketika ditempelkan koyo adalah panas terbakar. Panas ini bertujuan untuk mengecoh otak sehingga lebih terfokus pada rasa panas dibandingkan rasa nyeri di sendi. Kandungan mentol akan memberikan efek dingin yang akan mengurangi rasa nyeri. Sementara metil salisilat memiliki efek anti-nyeri dan anti inflamasi.

Efek samping penggunaan koyo sangat minimal sehingga anda tidak perlu khawatir menggunakan koyo untuk nyeri sendi. Efek yang paling sering terjadi adalah efek panas terbakar maupun alergi pada kulit tertentu yang memang kurang cocok terhadap penggunaan koyo.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel