Tips Memilih Mainan Bayi - MbahTekno

Tips Memilih Mainan Bayi

Tips Memilih Mainan Bayi
Selasa, 28 Mei 2019
mainan bayi
Bagi para orang tua yang ingin membentuk kecerdasan si kecil, maka memberikan mainan bayi bisa menjadi solusi yang tepat. Namun, pemberian mainan ini tentu harus disesuaikan dengan usia si buah hati. Jika bayi masih berumur dibawah 3 bulan, maka berikan mainan yang cocok untuk bayi di usia ini. Pasalnya bayi di usia ini masih sangat rentan dengan benda-benda asing di sekitarnya.

Pemberian mainan yang tepat tentu akan membuat bayi lebih aman serta dapat berkembang dengan baik. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa tips tepat dalam memilih mainan untuk bayi yang baru berumur 3 bulan.

Tips Memilih Mainan Bayi yang Berumur 3 bulan

1. Pilih Mainan yang Membuat Bayi Berinteraksi

Menceritakan sebuah dongeng pada bayi akan menghasilkan interaksi antara Anda dengannya. Maka tumbuh kembang dari bayi akan dibantu dengan tindakan itu. Interaksi yang dihasilkan dari tindakan ini adalah interaksi positif dan stimulasi akan diterima lebih baik serta optimal oleh bayi.
   

2. Pilih Mainan yang Aman bagi Bayi

Anda pasti mengetahui bahwa bayi pada umur ini sangat menyukai gigitan. Dia akan selalu memasukkan tiap barang yang ada di sekitar ke mulutnya, lalu menggigitnya. Maka dari itu, Anda harus pandai dalam memilih mainan bayi. Mainan yang dipilih tidak boleh berukuran kecil, karena itu sangat berbahaya untuk bayi. Dan juga pilihlah mainan tidak mudah kotor, karena itu dapat menyebabkan bayi terkena kuman.

3. Mudah untuk Dibersihkan

Mainan yang susah untuk dibersihkan akan meninggalkan sisa kuman. Hal itu tidak baik jika mainan tersebut diberikan pada bayi di umur ini. Badan bayi masih sensitif terhadap suatu hal, apalagi terhadap mainan yang masih kotor. Oleh karena itu, carilah mainan yang memang mudah untuk dibersihkan, mainan yang steril dari kotoran atau pun kuman.

4. Terdapat Cara Pakai pada Kemasannya

Jika Anda bingung apakah mainan yang dibeli untuk bayi aman atau tidak, maka lihatlah dari cara pemakaiannya. Dari sana, Anda akan segera mengetahui apakah mainan tersebut cocok atau tidak untuk bayi. Tujuannya adalah agar bayi dapat memainkan mainannya dengan aman.

5. Mainan yang Dapat Merangsang Indera Penglihatan

Mainan bayi yang digantung merupakan mainan yang merangsang indera bayi, khususnya indera penglihatan. Disarankan untuk memilih mainan gantung yang berwarna ceria dan terdapat warna hitam-putih. Hal ini membantu penglihatan bayi agar lebih teliti dalam melihat suatu objek.

6. Memiliki bahan yang Lembut

Dikarenakan bayi pada umur ini sering sekali memasukkan benda asing ke mulutnya, maka carilah mainan yang tidak begitu keras. Meskipun mainan lembut, namun pastikan juga tidak berukuran kecil. Hal itu bertujuan untuk menghindari bayi dari resiko yang tidak diinginkan.

7. Mainan yang Dapat Merangsang Indera Pendengaran

Agar indera pendengaran bayi berkembang dengan baik, disarankan untuk memberinya kotak musik. Selain dapat merangsang indera, namun juga bayi dapat berinteraksi dengan kotak tersebut. Sehingga menimbulkan kesan interaktif antara bayi dengan kotak musik.

8. Mainan Berwarna Cerah

Mainan bayi yang berwarna cerah dapat mengembangkan kemampuan motorik bayi, di mana dia mempunyai ruang untuk bergerak untuk mendapatkan apa yang telah memicunya. Gunakanlah warna yang memiliki banyak kombinasi.

Anda pastinya menginginkan bayi yang cerdas, bukan? Maka tidak ada salahnya untuk mencari mainan-mainan dengan menggunakan tips memilih mainan bayi diatas. Buatlah bayi merasa nyaman ketika bermain dengan mainannya, dan jangan lupa untuk tidak berikan mainan yang mempunyai resiko bahaya baginya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel