5 Manfaat Pemberian Susu Soya Pada Anak - MbahTekno

5 Manfaat Pemberian Susu Soya Pada Anak

5 Manfaat Pemberian Susu Soya Pada Anak
Sabtu, 22 Juni 2019
susu soya

Susu soya atau yang biasa disebut susu kedelai adalah susu yang diproses dari kedelai. Kedelai terkenal dengan kandungannya yang kaya akan vitamin dan mineral. Sehingga susu ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pengganti susu sapi. Meski beberapa kandungan susu sapi tidak ada pada susu soya. Hal ini dapat diatasi dengan penambahan vitamin dan mineral melalui asupan makanan lainnya.

Manfaat Susu Soya Yang Istimewa

Banyak orang yang telah membuktikan manfaat dari mengonsumsi susu soya atau susu kedelai. Jika orang dewasa saja bisa mengambil banyak manfaat dari susu soya. Bagaimana dengan anak-anak? Anak- anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan membutuhkan banyak asupan vitamin dapat mengonsumsi susu kedelai sebagai pilihan yang lebih sehat dan bergizi. 

Apa saja manfaat istimewa lainnya dibalik susu soya bagi anak-anak? Berikut ulasannya untuk anda.

1. Mengatasi Intoleransi Laktosa

Sudah menjadi rahasia umum jika ada beberapa anak yang mengalami alergi pada laktosa yang ada pada susu sapi . Dan satu-satunya cara untuk memenuhi kebutuhan mereka akan susu adalah dengan mengonsumsi susu soya. Susu soya dipercaya aman untuk anak dengan alergi susu sapi karena tidak menyebabkan diare dan muntah.

2. Menambah Serat

Anak- anak yang mengalami kesulitan mengonsumsi buah atau sayuran dapat  menggunakan susu soya sebagai pengganti serat harian mereka. Susu soya yang diolah dari kedelai utuh , artinya yang masih mengandung asam lemak dan vitamin lengkap memiliki serat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan mereka  yang setara dengan buah dan sayur. Serat yang terkandung dalam susu soya juga aman untuk dikonsumsi jangka panjang karena tidak membahayakan pencernaan.

3. Antioksidan

Sudah bukan rahasia lagi jika kedelai memiliki antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan . Antioksidan berguna untuk menangkal terjadinya radikal bebas pada tubuh. Jika kandungan isofalvon yang berelbihan pada orang dewas akan berbahaya. Hai yang sebaliknya justru terjadi saat anak –anak mengonsumsinya. Isoflavon berguna sebagai pengganti sel yang ada pada tubuh dan juga berguna menjaga kelembaban kulit bayi dan anak-anak. Kulit yang selalu lembab pada anak-anak akan menjauhkan mereka dari resiko alergi. Apalagi jika mereka adalah pemilik kulit sensitif.

4. Mengurangi Kolesterol

Dibandingkan dengan susu sapi kandungan lemak jenuh yang ada pada susu soya jauh lebih rendah .Sehingga susu soya dipercaya sebagai susu yang sehat untuk anak- anak dengan resiko diabetes dan juga obesitas. Susu soya juga dapat mencegah terjadinya kegemukan dan mengurangi kolesterol pada anak yang memiliki bakat gemuk atau obesitas. Dengan rutin mengonsumsi susu kedelai anak yang mengalami kegemukan dapat mengendalikan rasa lapar dengan baik karena kandungan serat  dan nutrisi yang ada pada susu soya.

5. Baik Untuk Pertumbuhan

Meski tidak mengandung kalsium seperti susu sapi. Susu kedelai memiliki banyak asam amino yang dapat melengkapi kebutuhan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.terlebih pada anak- anak dengan kondisi alergi pada susu sapi mereka cenderung menolak mengonsumsi susu sapi karena takut mengalami diare. Dan susu soya dapat menjadi salah satu produk susu yang dapat diandalkan dengan resiko minim pada anak dengan alergi susu sapi.

Walaupun susu soya memiliki kekurangan pada kelengkapan Vitamin D, Kalsium dan juga vitamin B12 yang biasa ditemukan pada susu sapi. Tapi tidak bisa dipungkiri jika kelebihan lain yang ada pada susu soya tidak bisa dibantah .Susu soya memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh susu sapi dan resiko kesehatan yang lebih kecil.Terutama untuk anak dengan diabetes dan resiko obesitas susu soya dipandang paling aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel