6 Kriteria Pinjaman KTA yang Aman dan Terpercaya - MbahTekno

6 Kriteria Pinjaman KTA yang Aman dan Terpercaya

6 Kriteria Pinjaman KTA yang Aman dan Terpercaya
Selasa, 16 Juli 2019
Ada banyak perusahaan pembiayaan yang menawarkan jasa pinjaman dengan berbagai jenis. Ada yang harus menyertakan agunan, ada juga yang tanpa agunan. Pinjaman tanpa agunan menjadi salah satu yang paling diminati karena masyarakat tidak perlu memiliki sesuatu untuk dijadikan jaminan dalam pinjaman KTA. Meskipun tanpa adanya jaminan, Anda sebaiknya tidak sembarangan dalam memilihnya.

Pinjaman KTA

Berikut adalah enam kriteria memilih pinjaman kredit tanpa agunan yang aman dan terpercaya.

1. Terdaftar di OJK

Kriteria yang pertama adalah perusahaan tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. OJK ini merupakan lembaga resmi negara yang memiliki wewenang untuk mengatur dan mengawasi segala transaksi keuangan yang terjadi di Indonesia.

Ada banyak lembaga keuangan yang menawarkan produk pinjaman tanpa agunan ini. Dari sekian banyak perusahaan tersebut, ada yang sudah mendaftarkan dirinya di OJK dan ada juga yang belum. Untuk menjamin keamanan transaksi yang Anda lakukan, sangat disarankan untuk memilih perusahaan yang sudah mendaftarkan dirinya di OJK. Jangan sampai Anda memilih perusahaan yang belum terdaftar di lembaga resmi ini.

Perusahaan yang sudah mendaftarkan diri di OJK berarti mematuhi segala aturan yang dibuat oleh OJK. Dengan begitu, transaksi pinjaman yang Anda lakukan tidak akan merugikan Anda sebagai nasabah.

2. Tergabung di AFPI

Jika Anda memilih pinjaman KTA online, Anda juga perlu melihat apakah perusahaan fintech yang Anda pilih sudah tergabung dalam AFPI atau belum. AFPI merupakan singkatan dari Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia, yaitu wadah bagi para pelaku usaha di dunia fintech.

Sebagai organisasi, AFPI berperan dalam membuat kesepakatan terkait suku bunga yang dibebankan kepada nasabah. Selain itu, AFPI juga bisa menjadi tujuan Anda ketika ingin melaporkan kenakalan yang dilakukan oleh perusahaan fintech.

3. Tersertifikasi ISO 27001

Tidak hanya terdaftar di OJK dan AFPI, Anda juga seharusnya melihat apakah perusahaan penyedia layanan pinjaman tanpa agunan secara online yang Anda pilih sudah tersertifikasi ISO 27001 atau belum. Masih banyak perusahaan pembiayaan yang belum mengantongi sertifikasi ini. Padahal ISO 27001 bisa menjadi bukti paling ampuh bagi nasabah untuk menilai apakah perusahaan tersebut kredibel atau tidak.

Sertifikat ISO 27001 merupakan stAndar yang dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi terkait sistem manajemen pengamanan informasi. Hal ini juga menjadi persyaratan dari OJK untuk semua layanan pinjaman uang berbasis teknologi. Perusahan pembiayaan yang sudah tersertifikasi ISO 27001 berarti memiliki tata kelola data nasabah yang sesuai dengan stAndar internasional.

4. Transparan dalam mekanisme peminjaman

Demi menggaet nasabah, tidak jarang perusahaan penyedia layanan pinjaman KTA melakukan promosi secara besar-besaran. Berbagai diskon dan tawaran menarik dipromosikan kepada masyarakat luas agar masyarakat tertarik untuk melakukan pinjaman uang kepada mereka. Sayangnya, tidak semua yang dipromosikan itu benar adanya.

Perusahaan pembiayaan yang kredibel tidak akan melakukan hal demikian. Semua mekanisme peminjaman akan dilakukan secara transparan, mulai dari tingkat suku bunga, syarat dan ketentuan pinjaman, hingga biaya-biaya yang dibebankan kepada nasabah. Transparansi ini penting agar nasabah tidak merasa dijebak dengan perjanjian yang ada.

5. Identitas perusahaan jelas

Jangan sembarang memilih perusahaan pembiayaan. Dari ribuan perusahaan, ada perusahaan pembiayaan yang resmi dan kredibel, ada pula yang bodong dan ilegal. Jangan sampai Anda salah pilih dan bertransaksi di perusahaan pembiayaan yang ilegal ini.

Anda bisa mengenalinya dari kejelasan identitas perusahaan tersebut. perusahaan pembiayaan yang kredibel akan jelas nama, alamat kantor, kontak yang bisa dihubungi, hingga nama pemiliknya. Anda harus pastikan itu semua sebelum memutuskan meminjam uang kepada perusahaan pembiayaan.

Meskipun transaksinya dilakukan secara online, Anda akan sangat mudah menemukan informasi terkait identitas perusahaan tersebut. Kalau Anda sulit menemukannya, bisa jadi perusahaan itu termasuk ilegal dan tidak aman bagi Anda untuk melakukan transaksi di sana. Perusahaan yang kredibel tidak akan menyembunyikan identitasnya.

6. Layanan nasabah mudah dihubungi

Kriteria yang keenam adalah layanan nasabah yang mudah dihubungi. Perusahaan yang kredibel akan memiliki layanan nasabah yang siap membantu kapanpun Anda memerlukan bantuan. Biasanya dilakukan melalui surel, telepon interaktif, hingga SMS. Ada juga yang memanfaatkan layanan chat bot. Jika suatu perusahaan tidak memiliki layanan nasabah, atau hanya bisa dihubungi dengan cara tertentu saja, Anda patut curiga.

Demikian enam kriteria pinjaman KTA yang aman dan terpercaya. Kuncinya adalah jangan sembarangan dalam memilih perusahaan yang memiliki layanan pinjaman jenis ini. Anda juga sebaiknya tidak langsung percaya ketika teman Anda merekomendasikan sesuatu kepada Anda, termasuk juga masalah pemilihan produk pinjaman yang aman. Jika Anda masih ragu menemukan produk pinjaman yang aman, Anda bisa cek ke laman ini https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan/.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel