Batik Nusantara Paling Populer - MbahTekno

Batik Nusantara Paling Populer

Batik Nusantara Paling Populer
Selasa, 09 Juli 2019
batik nusantara
Kain batik merupakan warisan budaya yang perlu dilestarikan. Batik nusantara memiliki berbagai macam motif yang begitu unik. Setiap motif memiliki makna untuk disampaikan. Di Indonesia sendiri, banyak sekali pengrajin kain batik. Bahkan, setiap daerah bisa saja terdapat pengrajin batik. Tentunya, anda harus memahami lebih dalam mengenai motif yang ada.

Sampai saat ini, cukup banyak motif yang digemari oleh masyarakat. Tentunya, karena menawarkan nilai estetika yang tinggi. Serta, untuk nilai jual yang ditawarkan juga tetap baik. Jadi, sangat pantas jika batik dijadikan sebagai pakaian untuk aktivitas anda. Apa saja motif batik nusantara terpopuler?  Berikut akan kami ulas untuk anda.

Beberapa Batik Nusantara Terpopuler

Minat dari masyarakat terhadap beberapa motif batik memang cukup tinggi. Berikut ini beberapa motifnya:

Motif Batik Sido Asih

Motif batik ini memiliki warna yang cukup nyaman untuk dilihat. Terlebih, dengan perpaduan dari pola yang diberikan memang sangat berarti. Bentuk dari pola dna warna yang diterapkan tentu bukan tanpa arti. Melainkan, terdapat arti untuk rumah tangga yang lebih baik serta dipenuhi dengan kasih sayang.

Karena, sejatinya rumah tangga memang harus dijalankan dengan baik. Batik ini banyak digunakan oleh para pengantin. Karena, disesuaikan dengan arti dari pola tersebut. Jadi, jika anda jadi pengantin nantinya juga harus menggunakan motif ini ya!

Motif Kawung

Meskipun termasuk dalam motif yang tua, namun motif kawung tetap banyak peminatnya. Pola dari motif ini diambil berdasarkan buah kawung atu buah aren. Kemudian, pola dibuat menjadi empat bagian. Hanya saja, untuk penggunaan dari motif ini di era dahulu tidak boleh sembarangan. Hanya keluarga kerajaan saja yang boleh menggunakannya.

Biasanya, batik ini digunakan oleh raja maupun permaisuri. Karena, melambangkan energi yang cukup besar. Namun, saat ini untuk batik jenis kawung sudah bisa digunakan oleh masyarakat. Jadi, tidak heran jika banyak yang mencari motif ini.

Motif Mega Mendung

Sudah pasti, hampir semua orang mengetahui motif mega mendung. Ternyata, motif ini berasal dari daerah Cirebon. Karena, daerah ini cukup identik dengan awannya. Perpaduan dari pola yang membentuk awan. Dengan corak warna yang gelap, memang menjadi ciri khas tersendiri.

Sampai saat ini,begitu banyak masyarakat yang menggemari motif mega mendung. Jadi, saat anda berkunjung ke daerah cirebon. Jangan lupa juga untuk membeli kain batik dengan motif ini. Karena, jika di daerah ini anda akan melihat banyak kain yang dapat dipilih.

Motif Parang Rusak

Motif ini juga cukup banyak akan penggemarnya. Tahukah anda apa itu parang? Jadi, parang merupakan senjata tradisional di zaman dahulu. Makna dari motif ini juga cukup baik. Memberikan gambaran perlawanan dari manusia dalam melawan kejahatan.

Termasuk dengan mengendalikan diri dari semua hal-hal yang buruk. Dengan begitu, harapannya manusia menjadi lebih bijaksana serta mulai. Warna yang digunakan dalam motif batik ini juga begitu khas. Memang, menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa orang. Termasuk mungkin anda yang sebentar lagi akan mencari batik dengan motif ini.

Demikianlah ulasan mengenai batik nusantara terpopuler. Apakah anda menyukai motif batik diatas? atau, memiliki motif andalan yang lainnya? Sama ataupun tidak, tetap saja batik harus tetap dilestarikan. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel