Cara Mengecek Tekanan Ban Mobil Tanpa Alat - MbahTekno

Cara Mengecek Tekanan Ban Mobil Tanpa Alat

Cara Mengecek Tekanan Ban Mobil Tanpa Alat
Selasa, 16 Juli 2019
tekanan ban mobil
Ban pada mobil merupakan satu hal yang sangat penting. Terutama untuk tekanan yang ada harus tetap diperhatikan. Tekanan ban mobil dapat di cek  tanpa alat dan tentu harus anda ketahui. Karena, hal ini akan membantu untuk membuat ban mobil lebih tepat dalam penggunaanya. Dengan begitu, berkendara anda akan menjadi lebih aman dan nyaman.

Tekanan ban yang sesuai akan sangat membantu untuk berkendara. Oleh karena itu,sangat di sarankan agar anda dapat melakukan pengecekan dari tekanan ban dengan rutin. Pengecekan yang baik memberikan informasi yang sesuai. Lalu, apakah anda sudah paham cara pengecekan tanpa alat? Jika belum, jangan khawatir. Artikel ini akan membahas cara mengecek tekanan ban mobil dengan tepat.

Cara Mengecek Tekanan Ban Mobil Tanpa Alat  Lengkap

Tidak perlu bingung dalam melakukan pengecekan dari ban mobil. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Dengan Memukul Ban

Salah satu cara yang direkomendasikan untuk melakukan pengecekan tekanan ban yaitu dengan cara memukulnya. Karena, dengan memukul ban akan dapat mengetahui apakah tekanan ban tinggi atau tidak. Bagaimana hal ini bekerja? Jadi, semakin keras pantulan yang diberikan dapat dipastikan kondisi tekanan ban begitu tinggi.

Sebaliknya, jika pantulan yang dihasilkan rendah maka untuk tekanan ban kecil. Selain itu, biasanya akan terdapat suara yang dihasilkan. Saat suara tersebut kecil maka tekanannya tentu juga sangatlah kecil. Jadi, cara ini memang sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan, dalam kondisi yang sedang kurang cahaya sekalipun. Namun, pastikan anda sudah paham betul mengenai hal ini!

Melalui Bentuk Ban

Sangat mudah untuk melakukan pengecekan dari tekanan dengan memanfaatkan bentuk ban. Jadi, setiap tekanan pada ban jelas sangat memberikan bentuk yang berbeda-beda. Untuk itu, anda bisa memanfaatkannya. Caranya dengan memperhatikan dari bentuk serta panjang pada bidang ban. Jika anda sering memperhatikan kondisi dari ban maka dapat melakukan cara ini.

Biasanya, untuk tekanan yang terlalu keras dapat menyebabkan bentuk ban menjadi semakin bulat. Nah, berbeda jika tekanan yang diberikan tidak terlalu tinggi. Maka, untuk ban menjadi kurang bulat bentuknya. Atau bisa dikatakan justru mengerucut. Cara ini bisa anda lihat dengan sangat mudah. Disarankan, untuk anda dapat melihatnya dari sisi sebelah depan dan samping.

Melewati Polisi Tidur

Nah, cara yang satu ini mungkin banyak yang tidak mengetahuinya. Ternyata, saat anda melewati polisi tidur berarti tekanan ban sedang di uji. Jika tekanan keras,maka untuk kendaraan anda berjalan dengan baik. Sedangkan, untuk kondisi tekanan yang rendah akan membuat mobil terasa berat saat melewati polisi tidur. Terlebih, jika polisi tidur memiliki ukuran yang tinggi maka akan sangat terasa.

Disinilah, anda bisa mengecek tekanan pada ban mobil. Cara ini setidaknya cukup efektif saat sedang kondisi yang kurang sesuai. Terutama, jika peralatan yang dibawa sangat minim. Namun, untuk tingkat akurasi yang diberikan juga tidak terlalu tinggi. Setidaknya, dapat memberikan informasi mengenai tekanan ban mobil anda.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara mengecek tekanan ban mobil. Bagaimana, sangat mudah bukan? Tentunya, anda bisa melakukannya dengan sangat mudah. Jadi, jangan sampai anda tidak melakukan pengecekan. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel