5 Manfaat Kelapa Sawit bagi Kehidupan Manusia - MbahTekno

5 Manfaat Kelapa Sawit bagi Kehidupan Manusia

5 Manfaat Kelapa Sawit bagi Kehidupan Manusia
Senin, 09 September 2019

Kelapa sawit merupakan komoditi yang paling banyak diminati oleh usaha perkebunan, baik di Indonesia maupun di negara lain. Hal ini ditunjukkan dengan dibukanya lahan perkebunan kelapa sawit di beberapa wilayah. Kelapa sawit memang memberikan peluang terbukanya pembangunan dalam bidang ekonomi, lantaran memiliki harga jual yang menarik dan cukup menguntungkan bagi pengusaha bahkan negara.

Manfaat Kelapa Sawit bagi Kehidupan Manusia Di Indonesia, penghasil kelapa sawit terbesar ialah daerah Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Pohon kelapa sawit sendiri mirip dengan pohon palem yang cenderung pendek. Sebagai salah satu jenis perkebunan yang dibudidayakan di Indonesia, kelapa sawit ternyata memiliki banyak manfaat lho! Oleh karena itu masyarakat Indonesia patut berbangga karena masih banyak petani sawit yang membudidayakan tanaman penuh manfaat ini.

Ya, adanya budidaya tanaman ini menjadi salah satu bukti bahwa ketika sawit kuat, maka Indonesia akan menjadi negara hebat. Hal ini karena harga jual sawit dianggap mampu memperbaiki kesejahteraan masyarakat dan bagi Indonesia sendiri tentunya.

Nah, apa saja sih manfaat dari kelapa sawit khususnya bagi kehidupan sehari-hari manusia. Yuk simak uraian di bawah ini.

1. Sebagai Minyak Goreng


Manfaat kelapa sawit yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari ialah sebagai bahan baku minyak goreng. Minyak goreng sendiri merupakan satu dari sembilan bahan pokok yang wajib dimiliki. Seperti yang kita lihat, minyak goreng banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik rumah tangga, restoran, pembuatan keripik, dan industri makanan lainnya. Dengan demikian, peran kelapa sawit sebagai bahan baku minyak goreng sangat dipertimbangkan kegunaannya.

2. Campuran Bahan Bakar Biodiesel


Apakah Anda familiar dengan diesel? Ya, diesel merupakan salah satu jenis mesin yang memiliki tenaga besar. Diesel biasanya digunakan untuk mengangkut hasil kebun, tambang, dan juga pengantar komoditas antar daerah. Dalam hal ini, diesel membutuhkan tenaga dalam jumlah yang besar. Maka dari itu, salah satu solusinya ialah menggunakan bahan bakar utama dengan campuran minyak kelapa sawit.

3. Bahan Pembuatan Mentega


Salah satu bahan utama pembuatan mentega ialah minyak kelapa sawit. Mentega sendiri dekat sekali dengan kehidupan kita, karena sering digunakan dalam banyak hal. Misalnya dalam pembuatan kue, menumis, atau hal lainnya yang berkaitan dengan makanan. Bayangkan jika kelapa sawit tidak dibudidayakan di Indonesia, mungkin saja kita merasa kesulitan saat mencari mentega sebagai bahan dasar pembuatan makanan tertentu.

4. Bahan Pembuatan Pomade

Apakah Anda menyangka kalau pomade yang sering digunakan terbuat dari minyak kelapa sawit? Mungkin sebagian dari Anda tidak pernah mengetahui bahwa kandungan minyak kelapa sawit ada pada pomade. Pomade sendiri termasuk ke dalam lingkup kosmetik yang digunakan laki-laki bahkan mungkin perempuan juga memakainya. Nah, bayangkan kalau pomade gak ada, Anda akan menata rambut menggunakan apa??

5. Bahan Pembuatan Lotion dan Krim Kulit


Selain pomade, bahan yang identik dengan kosmetik dan kecantikan juga pembuatannya menggunakan minyak kelapa sawit. Minyak kelapa sawit ini diformulasikan dengan berbagai bahan lainnya berupa serum dan vitamin. Nah, campuran bahan-bahan ini diyakini dapat berperan baik untuk kesehatan kulit kita. Pantas saja lotion yang dijual dipasaran rata-rata mengandung minyak, ternyata proses produksinya menggunakan campuran minyak kelapa sawit.

Nah, demikianlah beberapa manfaat minyak kelapa sawit bagi kehidupan manusia. Minyak kelapa sawit ini tidak hanya berperan dalam urusan kosmetik dan kecantikan, minyak goreng, dan bahan bakar biodiesel. Minyak kelapa sawit juga berperan dalam dunia kesehatan, seperti dapat mendinginkan kulit yang terkena luka bakar, dapat menetralisir rasa pedas, bahan baku pembuatan pasta gigi, dan masih banyak lagi. Dalam hal ini, manfaat utama kelapa sawit ialah sebagai komoditas yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Jika sawit kuat, Indonesia hebat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel