Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli Proyektor! - MbahTekno

Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli Proyektor!

Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Kamu Membeli Proyektor!
Kamis, 17 Oktober 2019
Proyektor sering digunakan untuk memaparkan presentasi agar bisa lebih mudah dilihat oleh semua orang dalam ruangan tersebut. Perkembangan teknologi yang ada saat ini membuat proyektor memiliki jenis yang bervariasi.

Tentu saja, banyaknya varian proyektor tersebut membuat sebagian orang kebingungan, terlebih bagi mereka yang tidak bisa memilih proyektor yang berkualitas. Apalagi, saat ini proyektor tidak hanya digunakan untuk bisnis saja, namun juga digunakan di sekolah-sekolah, rumah dan lain sebagainya.

Tak heran jika kamu akan menemukan tempat yang jual proyektor murah. Meski banyak tempat yang menjual proyektor dengan harga lebih terjangkau, namun kamu jangan mudah tergoda begitu saja. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah proyektor.
Nah, berikut akan dibahas 3 hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli proyektor yang kamu inginkan.

1. Pilih Proyektor dengan Teknologi DLP, LCD atau LCOS

sumber : abihamid.com
Terdapat berbagai macam jenis proyektor dan masing-masing dari proyektor tersebut dilengkapi dengan menggunakan teknologi yang berbeda-beda. Diantaranya adalah proyektor dengan teknologi DLP, LCD ataupun LCOS. Setiap teknologi tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangan dalam memproyeksikan gambar.

Digital Light Processing (DLP) memproyeksikan gambar dengan menggunakan jutaan kaca-kaca kecil. Dengan teknologinya tersebut, hal ini membuat DLP bisa menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik dengan akurasi warna dan kontras yang tinggi. Tak hanya itu, bahkan proyektor tersebut juga memiliki penggunaan daya yang rendah sehingga cocok untuk digunakan sebagai home theater. Akan tetapi, teknologi tersebut memiliki efek pelangi atau rainbow effect yang dirasa cukup mengganggu jika digunakan untuk presentasi bisnis, sekolah atau yang lainnya.

Berikutnya ada teknologi LCD atau Liquid Crystal Displays. Teknologi tersebut merupakan salah satu teknologi yang digunakan oleh banyak orang. Jadi sudah tak heran, jika banyak yang jual proyektor murah dengan teknologi LCD.

Keunggulan proyektor tersebut ialah dari tingkat kecerahannya yaitu lebih tinggi jika dibandingkan dengan DLP. Tak hanya itu, bahkan resolusi dan aspek rasio yang dimilikinya membuat proyektor tersebut sangat sempurna jika digunakan untuk presentasi di sekolah, kantor atau yang lain sebagainya.

Namun, tak ada gading yang tak retak, proyektor ini tetap memiliki kelemahan. Efek pintu layar atau screen door effect yang dihasilkan oleh LCD dapat menghasilkan piksel yang kurang jelas pada layar. Sehingga proyektor tersebut kurang cocok jika digunakan untuk home theater.

Selanjutnya ada LCoS atau Liquid Crystal on Silicone. Teknologi proyektor yang satu ini merupakan perpaduan dari teknologi DLP dan LCD. Dengan adanya teknologi tersebut, mampu membuatnya bisa memproyeksikan gambar dengan sangat terang. Bahkan, proyektor tersebut juga bisa menampilkan gambar yang tajam seperti teknologi LCD.

Akan tetapi, teknologi tersebut juga terkadang menunjukkan piksel mati sehingga cukup mengganggu. Selain itu, harganya juga lebih mahal, dan masih sedikit proyektor yang menggunakan teknologi ini.

2. Perhatikan Tempat Instalasi

sumber : mastekno.com
Tentu saja, setiap proyektor memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu harus memahami keadaan ruang yang akan dipasang proyektor. Dengan kemampuan yang berbeda tersebut, juga membuat penempatan dari proyektor akan berbeda pula.

Jika kamu menggunakan ruangan kecil, maka kamu bisa memilih proyektor short throw. Proyektor yang dilengkapi dengan menggunakan teknologi tersebut bisa memproyeksikan gambar besar dengan jarak kurang dari 1 meter.

Sementara itu, jika kamu menggunakan ruangan yang besar, kamu bisa memilih proyektor dengan tingkat kecerahan atau brightness yang tinggi. Tampilan gambar yang dihasilkan pun akan tampak lebih cerah. Untuk proyektor jenis ini, banyak tempat yang jual proyektor murah dan berkualitas.

3. Waktu Penggunaan Proyektor

sumber: grid.id
Tak hanya harus memperhatikan dua hal tersebut. Kamu juga harus memperhatikan lama penggunaan proyektor. Apabila kamu sering melakukan perjalanan bisnis serta sering melakukan presentasi, maka pilihlah proyektor dengan ukuran yang kecil agar mudah dibawa kemana saja.

Namun jika kamu menggunakan proyektor untuk beberapa acara besar seperti konser atau acara besar lainnya, maka pilihlah proyektor besar yang dapat memproyeksikan gambar dengan baik dan sangat jelas. Tak hanya itu, proyektor tersebut juga bisa memproyeksikan gambar dengan sangat baik dalam keadaan terang ataupun gelap.

Pertimbangkan juga tentang berbagai macam fitur yang disediakan, salah satunya yakni fitur 3D. Jika kamu menggunakan proyektor untuk home theater, maka fitur 3D tersebut sangat tepat untuk digunakan. Akan tetapi, jika kamu menggunakannya untuk urusan bisnis, fitur tersebut dirasa kurang tepat, kecuali jika kamu bergerak dalam bidang industri kreatif.

Dalam memilih sebuah proyektor, tentu harus ada berbagai macam petimbangan yang harus kamu pikirkan. Jadi, kamu tidak membelinya secara asal, terlebih saat ini banyak yang jual proyektor murah.

Pilihlah proyektor sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan dengan baik jenis, fitur dan teknologi yang ada dalam proyektor tersebut. Hal ini bertujuan agar kamu tidak salah dalam membeli proyektor sehingga proyektor bisa bekerja secara maksimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel