Mengenal Apa Itu Call Center dan Fungsinya - MbahTekno

Mengenal Apa Itu Call Center dan Fungsinya

Mengenal Apa Itu Call Center dan Fungsinya
Kamis, 23 April 2020
Call center digunakan sebagai bentuk pelayanan melalui jawaban atas panggilan telepon yang dilakukan oleh pelanggan. Jadi, kegunaan utama call center ini benar untuk menjawab semua pertanyaan pelanggan yang membutuhkan informasi tertentu.

Contohnya, perusahaan kamu meluncurkan produk baru yang sudah mulai dijual di pasaran. Maka, biasanya konsumen akan mulai penasaran dengan produk kamu tersebut. Mereka pun tidak akan langsung membelinya, tapi bisa jadi bertanya-tanya dahulu tentang produknya, dengan cara menghubungi call center.

Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa call center itu bisa membantu seorang pelanggan untuk mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya. Pelayanan bisnis kamu pun jadi semakin efektif dan bisa membuat pelanggan merasa puas. Call center sendiri juga dapat digunakan untuk panggilan dengan klien, telemarketing atau debt collection.

Setiap Perusahaan Memiliki Call Center

Call center merupakan kebutuhan setiap perusahaan terutama dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Oleh karena itu, banyak juga aplikasi sistem call center yang dijual oleh perusahaan. Di mana, aplikasi ini akan memudahkan pekerjaan staf call center dalam menjawab panggilan masuk dari pelanggan. Sistem call center ini pun biasanya juga didukung beragam fitur lainnya.

Pengertian Call Center

Call center atau pemusatan manajemen panggilan adalah sistem informasi yang terpusat, fungsinya yakni menggunakan telepon untuk menerima panggilan dan mengirim permintaan. Perusahaan pengelola layanan merupakan pihak yang mengoperasikan call center. Layanan call center tersebut juga mendukung penerimaan order yang masuk dan memberikan pelayanan pelanggan.

Tujuan call center sendiri yaitu untuk mengoptimalkan pelayanan perusahaan. Adanya bantuan call center juga dapat memangkas anggaran, melalui pembuatan standarisasi dalam memberikan layanan kepada customer. Call center membantu kelancaran panggilan yang dilakukan staf dan customer. Selain itu, call center juga sekaligus menyeragamkan standar komunikasi dengan customer.

Fungsi Call Center

Call center bekerja dengan menggunakan software atau perangkat lunak. Perangkat lunak ini mengakses informasi historis sesuai dengan kebutuhan dari sistemnya. Yang menggunakan call center adalah agen dengan fasilitas satu komputer untuk setiap agennya, kemudian peralatan telepon serta headset yang sudah terhubung dengan jaringan telekomunikasi, dan juga stasiun pengawas.

Di samping itu, call center bisa dipergunakan atau dihubungkan secara bebas dengan call center lainnya yang merupakan tambahan. Biasanya, call center saling terhubung itu berada di dalam jaringan LAN dan microcomputer perusahaan. Serta, terhubung juga dalam jaringan data dan suara yang terpusat melalui suatu jalur yang dilengkapi teknologi bernama Computer Telephone Integration (CTI).

Sementara, call center juga memiliki pengawas yang bertugas mengontrol serta memantau kualitas dari percakapan, tingkat kemampuan dan layanan untuk pelanggan. Semuanya dilakukan dengan menggunakan komputer yang berfungsi untuk mengatur, mengukur dan memonitor aktivitas dan performa agen atau staf call center.

Analisa yang Dilakukan Call Center

Call center biasanya menganalisa informasi seperti log in, agen yang sedang online, lamanya durasi online agen, agen ketika sedang menerima panggilan dan durasi panggilannya, jumlah panggilan dan durasi telepon dalam antrean, jumlah semua panggilan yang diterima, jumlah semua panggilan yang diputus serta rata-rata kecepatan agen dalam menjawab panggilan.

Penyedia Layanan Call Center Terpercaya

Jika kamu ingin memiliki call center yang efektif dengan sistem terpercaya, maka kamu bisa menggunakan layanan automated phone call Indonesia Kokatto. Layanan call centernya mudah digunakan serta dilengkapi teknologi dan fitur canggih yang memudahkan staf kamu. Percayakan bisnis kamu kepada Kokatto.

0 Response to "Mengenal Apa Itu Call Center dan Fungsinya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel