Pengertian dan Fungsi OTP dalam Proses Transaksi - MbahTekno

Pengertian dan Fungsi OTP dalam Proses Transaksi

Pengertian dan Fungsi OTP dalam Proses Transaksi
Jumat, 19 Juni 2020
Biasanya, waktu kamu melakukan transaksi secara online, maka kamu akan diminta memasukkan kode OTP. Kamu akan menerima kode ini melalui SMS yang dikirimkan ke smartphone kamu. Kalau sudah, nanti nomor tersebut bisa kamu masukkan. Lalu, baru setelah itu kamu bisa menggunakan aplikasinya. Secara singkat, inilah fungsi OTP. 

Hampir semua aplikasi menggunakan OTP. Tujuan utamanya sendiri untuk menghindari tindakan penyalahgunaan dan pencurian akun pengguna, yang berarti akunmu. Umumnya, OTP sendiri terdiri dari 4 sampai 6 digit angka, yang dikirimkan ke pengguna lewat SMS atau email.

OTP pada dasarnya penting. Akan tetapi, banyak orang yang masih belum memahami betul fungsi dari OTP tersebut. Inilah yang biasanya menjadi penyebab tindakan kriminal serius seperti pencurian uang salah satunya. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang OTP, apa pengertian beserta fungsinya.

Pengertian OTP dan Pentingnya untuk Transaksi

OTP atau one-time password merupakan kode yang dikirimkan melalui SMS atau email untuk melengkapi langkah autentikasi ketika pengguna memasukkan ID serta password. Sekarang, OTP ini berlaku di semua aplikasi. Terutama, untuk aplikasi dompet digital dengan tujuan pencegahan atas terjadinya aksi tindakan kriminal.

Seperti dilansir dari Detik, untuk pertama kalinya OTP ini diterapkan oleh salah satu bank yang ada di Indonesia, dengan tujuan memperkuat keamanan ID. Setelah itu, OTP terus digunakan dalam berbagai aspek hingga masyarakat semakin mengenal OTP dan familiar dengannya.

Sesuai dengan namanya, OTP hanya bisa digunakan sekali saja. Adapun tujuan hal tersebut yaitu untuk mencegah terjadinya aksi kriminal seperti tindakan pencurian, karena OTP tidak dapat digunakan dua kali.

Akan tetapi, kewaspadaan tetap perlu selalu ditingkatkan. Sebab, pelaku tindak kriminal semakin lihai. Di mana, mereka bisa memanfaatkan korban untuk memberikan kode OTP ke pelaku tanpa disadarinya.

Fungsi OTP untuk Transfer Bank Sampai Dompet Digital

Kalau kamu menggunakan m-banking, pasti kamu sudah familiar dengan yang namanya token bank. Token berfungsi untuk membuat nomor yang nantinya digunakan dalam proses autentikasi. Kemudian, autentikasi ini sudah semakin berkembang. Banyak orang menggunakannya terutama dalam bentuk dompet digital.

Munculnya dompet digital menjadikannya salah satu cara pembayaran yang memerlukan OTP untuk kata sandi, dengan fungsi meningkatkan keamanan. Dengan penggunaan OTP, ID pengguna akan terjaga dengan aman dari berbagai masalah.

Sekarang tidak perlu token untuk bisa menggunakan OTP karena cukup melalui SMS atau email. Jadi, saat pengguna login, mereka akan menerima OTP melalui kiriman pesan SMS atau email. Sesudah itu, pengguna cukup memasukkan kode OTP yang sudah diterimanya, lalu masuk dengan menggunakan ID.

Karakteristik Utama OTP

OTP memiliki karakteristik sesuai dengan namanya. Jadi, OTP hanya bisa digunakan satu kali dalam transaksi apapun itu. Kemudian, OTP dapat digunakan hanya dalam rentang waktu yang tertentu saja, misalnya dalam 3 sampai 6 menit. Lalu, yang terakhir, OTP memiliki konteks yang sempit. Misalnya, OTP akun bank hanya bisa digunakan sekali dan untuk satu transaksi tersebut.

OTP Miscall dari Kokatto

Biar OTP bisnis kamu aman, gunakan OTP Miscall Kokatto saja. Kokatto sebagai Pioneer of Automated Voice Notification memahami kebutuhan lengkap untuk bisnis kamu. OTP ini dijalankan dengan sistem missed call. Jadi, pengguna akan menerima kode OTP dalam bentuk nomor missed call di selulernya sehingga lebih aman.

Cari tahu produk Kokatto selengkapnya di laman Kokatto, atau hubungi kokatto untuk menanyakan informasi lebih lanjut mengenai layanan kokatto. 

0 Response to "Pengertian dan Fungsi OTP dalam Proses Transaksi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel