Hal yang Harus Dipahami saat Mengajukan KTA - MbahTekno

Hal yang Harus Dipahami saat Mengajukan KTA

Hal yang Harus Dipahami saat Mengajukan KTA
Jumat, 14 Agustus 2020
KTA menjadi solusi bagi mereka yang membutuhkan uang dalam jumlah banyak, namun waktunya singkat. Kredit tanpa agunan bersifat personal loan sehingga tanpa perlindungan. Jadi jika umumnya dalam mengajukan pinjaman KTA Anda harus memberikan aset sebagai jaminan, maka jenis kredit ini tidak seperti itu.

Kredit tanpa agunan tidak memerlukan jaminan saat mengajukan pinjaman. Sehingga jenis pinjaman ini terlihat lebih praktis dan mudah. Karena umumnya pemberi KTA percaya bahwa Anda bisa membayar uangnya kembali sesuai kesepakatan waktu dan suku bunganya.

Mengingat produk ini tanpa agunan sehingga ada beberapa hal penting yang harus Anda pahami supaya proses pengajuan Anda diterima. Berikut adalah hal penting yang harus dipahami ketika mengajukan kredit tanpa agunan supaya proses pengajuan KTA Anda diterima, antara lain:

Memenuhi Persyaratan Pinjaman KTA

Untuk bisa mendapatkan persetujuan pinjaman KTA, sebaiknya penuhi dulu persyaratannya dengan baik. Persyaratan utama dalam mengajukan kredit tanpa agunan adalah berusia minimal 21 tahun dengan maksimum pelunasan 55 th. Selain itu jumlah penghasilan minimum adalah Rp 2,5 juta/ bulan. 
Namun umumnya setiap pemberi pinjaman KTA memiliki persyaratan yang tidak sama. Itulah sebabnya pastikan Anda telah memenuhi kriterianya dulu supaya bisa lolos. Di samping itu, jangan lupa menyiapkan dokumen pendukungnya seperti KTP, surat nikah, KK, NPWP, rekening koran, materai, dll.

Mengenal Suku Bunga dari Pinjaman Kredit Tanpa Anggunan

Suku bunga KTA yang satu dengan lainnya itu tidak sama. Maka dari itu supaya bisa mendapatkan pinjaman produk yang tepat sesuai kebutuhan, sebaiknya cari jenis kredit tanpa agunan sesuai kebutuhan. Anda bisa mencarinya dari cekaja.com untuk mendapatkan pinjaman yang sesuai.
Pastikan memilih bunga yang rendah supaya tidak memberatkan keuangan Anda. Jika mengajukan KTA di tempat konvensional, otomatis membandingkan produknya semakin sulit. Solusinya kunjungi cekaja.com untuk memudahkan Anda melihat perbandingan dari masing-masing produk pinjaman online.

Selain bisa membandingkan masing-masing produk pinjaman KTA secara online, Anda bisa menemukan bunga yang paling rendah. Sehingga hal ini akan membuat angsurannya semakin ringan dan bisa terhindar dari resiko gagal bayar. Karena Anda mendapatkan pinjaman sesuai dengan kebutuhan.

Plafon Pada Pengajuan KTA

Umumnya masing-masing produk KTA selalu menyediakan plafon dari Rp 5 juta sampai dengan ratusan juta rupiah. Namun ada juga beberapa pinjaman kredit tanpa agunan yang menyediakan sampai dengan Rp 500 juta rupiah. Meskipun plafonnya besar, sebaiknya pilih yang sesuai kebutuhan.
Jangan mudah tergiur dengan adanya plafon pinjaman KTA yang besar tanpa melihat kemampuan Anda sendiri. Karena bila Anda meminjam uang terlalu berlebihan tanpa melihat kemampuan dan kebutuhan, itu akan menyulitkan diri sendiri untuk membayar angsurannya. Maka dari itu sebaiknya pilih plafon yang sesuai kebutuhan.

Memahami Tenor dalam Mengajukan Pinjaman

Memahami tenor itu penting bila ingin mengajukan pinjaman KTA. Sebaiknya pilih tenor sesuai kemampuan saat ingin melunasi hutang. Jangan pernah memilih tenor yang terlalu singkat jika Anda merasa kesulitan melunasinya dalam waktu itu. Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.
Umumnya tenor paling lama yang ditetapkan untuk melunasi pinjaman KTA adalah 5 tahun. Namun setiap penyedia pinjaman umumnya memiliki ketetapan tenor yang tidak sama. Ada juga beberapa diantaranya yang menetapkan tenor maksimal sampai 3 tahun saja.

Mengukur Rasio Hutang

Idealnya rasio hutang saat Anda ingin mengajukan KTA itu tidak boleh melebihi dari 30% dari jumlah penghasilan Anda setiap bulannya. Mau tahu alasannya? Karena bila Anda memakai sebagian besar uang untuk membayar hutang, otomatis itu akan mempersulit diri sendiri memenuhi kebutuhan yang lainnya.

Sehingga pinjaman KTA ini bisa menjadi boomerang bagi diri sendiri karena tidak memperhatikan rasio hutang dengan benar. Maka dari itu hitung dulu besaran cicilan yang sedang ditanggung sekarang ini. Bila jumlahnya masih aman, maka Anda dapat mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan.
Namun jika ternyata rasio hutang Anda sudah melebihi dari 30% jumlah penghasilan setiap bulan, sebaiknya jangan pernah mengajukan KTA. Karena itu nanti bisa memperparah keadaan dan membuat masalah keuangan Anda semakin buruk. Itulah sebabnya menghitung rasio itu penting sekali sebelum mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan.

Cara Membayar Angsuran KTA

Anda harus memperhatikan bagaimana cara membayar angsuran yang ditawarkan oleh penyedia KTA. Sebaiknya pilih sistem pembayaran berbentuk autodebet supaya tidak terjadi keterlambatan angsuran. Dengan cara ini Anda bisa melakukan pembayaran tepat waktu setiap bulan secara otomatis.

Karena pada tanggal yang ditentukan, saldo rekening Anda akan terpotong secara otomatis untuk membayar angsuran KTA setiap bulan. Tentunya ini nanti akan membantu Anda terhindar dari masalah gagal bayar. Jadi riwayat kredit Anda menjadi selalu terjaga dengan baik karena tidak pernah mengalami kredit macet.

Biaya KTA Lainnya

Selain harus memahami beberapa hal di atas, pastikan memperhatikan bila ada biaya tambahan yang ditetapkan pada KTA. Misalnya saja seperti biaya asuransi, provisi, pelunasan dipercepat, dan keterlambatan pembayaran. Beberapa biaya tambahan lainnya tersebut harus diperhatikan dengan baik bila ingin mengajukan pinjaman.

Sehingga Anda tahu berapa banyak uang yang harus disiapkan untuk membayar biaya lainnya tersebut. Sayangnya hal ini jarang diperhatikan oleh orang-orang. Sehingga mereka asal mengajukan pinjaman KTA tanpa melihat ada biaya tambahan yang lain. Akibatnya mereka mengalami gagal bayar karena tidak menghitung biaya lainnya.

Memahami beberapa hal penting sebelum mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan itu wajib hukumnya bila Anda ingin permohonannya diterima. Maka dari itu setelah memahami beberapa hal tersebut, silakan pilih produk KTA di https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan/ untuk mendapatkan pinjaman yang sesuai kebutuhan.

0 Response to "Hal yang Harus Dipahami saat Mengajukan KTA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel