5 Tempat Wisata dan Kuliner Khas Yogyakarta untuk Destinasi Anda Berikutnya - MbahTekno

5 Tempat Wisata dan Kuliner Khas Yogyakarta untuk Destinasi Anda Berikutnya

5 Tempat Wisata dan Kuliner Khas Yogyakarta untuk Destinasi Anda Berikutnya
Senin, 14 September 2020
Tidak pernah ada kata bosan menjelajah Yogyakarta. Jika Anda pernah memiliki nostalgia di salah satu provinsi di Indonesia ini, tentu akan senang hati jika kembali daerah-daerah di Yogyakarta lagi mulai dari Kabupaten Sleman hingga Kabupaten Gunungkidul. Agar lebih leluasa untuk menyusuri tempat yang seru dan kuliner khas, sewa mobil Jogja adalah jawabannya.

Tempat Wisata dan Kuliner Khas Yogyakarta

Yogyakarta tidak hanya berpusat di Jalan Malioboro saja atau di sekitar Keraton. Justru di luar Kota Yogyakarta, Anda akan lebih menemukan kekhasan daerah ini. Mulai dari tempat wisata hingga kulinernya. Berikut adalah beberapa tempat wisata dan kuliner yang dapat Anda kunjungi saat ke Jogja.

1. Pantai Jungwok


Pantai di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta sangat terkenal karena pesona pasir putihnya, berbeda dengan Pantai Parangtritis atau Pantai Baron. Di Gunungkidul, banyak pantai tersembunyi yang belum banyak diketahui oleh wisatawan, salah satunya adalah Pantai Jungwok.

Pantai ini terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo di Gunung Kidul. Untuk mencapai pantai ini, Anda dapat berkendara dari Wonosari sekitar 40 km. Pantai Jungwok terletak agak ke timur dari Kota Yogyakarta. Perjalanan menempuh pantai ini kurang lebih sekitar dua hingga tiga jam apabila tidak ada kemacetan.

Bagi Anda yang menyukai berkemah di tepi pantai, Pantai Jungwok adalah tempat yang pas karena memiliki pantai yang landai dan luas.

2. Mangut Lele Mbah Marto


Kuliner adalah salah satu jantung wisata Yogyakarta, hingga Kota Yogyakarta dijuluki Kota Gudeg. Namun, selain gudeg, daerah lain di luar Kota Yogyakarta dikenal dengan ragam kuliner lainnya, yaitu mangut lele.

Salah satu mangut lele yang legendaris adalah Mangut Lele Mbah Marto. Letak warung makan ini berada di Kabupaten Bantul, tepatnya di Desa Gaduh Patalan. Anda dapat menyusuri Jalan Parangtritis hingga Km 14,5 untuk menemukan warung mangut lele legendaris ini. Oleh karena itu, mencari sewa mobil Jogja adalah keputusan tepat.

Mangut lele terbuat dari ikan lele dengan bumbu pedas dan berkuah santan. Rasa khas dari mangut terletak pada rasa asam dan pedas karena mengandung air jeruk nipis serta cabai. Mangut Lele milik Mbah Marto ini sudah berdiri sejak 1960 an sehingga rasanya otentik.

3. Setren Opak


Salah satu kekuatan wisata di Yogyakarta adalah adanya pengelolaan wisata dari penduduk setempat. Salah satu tempat wisata itu adalah Setren Opak. Tempat wisata ini menawarkan wisata yang berbeda dari hiruk pikuk kota dengan adanya pepohonan bambu yang teduh dan juga susur sungai Opak.

Letak Setren Opak berada di Dusun Karangploso, Desa Sitomulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. Tempat ini cocok untuk wisata keluarga dan juga untuk bersantai. Ada berbagai kuliner khas yang dapat Anda nikmati tanpa menguras banyak uang. Kuliner tersebut antara lain pecel, gudeg, wedang angsle, wedang uwuh, atau dawet.

4.Wana Tirta Mangrove


Menuju ke arah barat Provinsi Yogyakarta, terdapat wisata alam bernama Wana Tirta Mangrove di Kabupaten Kulon Progo. Hutan bakau ini merupakan wujud kepedulian warga Dusun Pasir Mendit untuk menghijaukan pesisir pantai di Kulon Progo.

Hutan Bakau sangat penting untuk ekosistem pesisir dan juga mencegah terjadinya luapan air laut ketika terjadi gempa yang menyebabkan tsunami. Warga pengurus hutan bakau ini kemudian membuka hutan untuk umum sebagai salah satu wisata edukasi di Yogyakarta.

5. Bakmi Mbah Mo


Salah satu wisata legendaris lain dari Yogyakarta adalah bakmi Mbah Mo di Desa Trirenggo, Kabupaten Bantul. Meski terletak dari pusat kota, warung makan ini selalu dipenuhi pengunjung baik penduduk setempat maupun wisatawan.

Kekhasan bakmi Mbah Mo adalah cara memasak yang masih menggunakan tungku tanah liat dan arang (anglo) sehingga panas masakannya merata. Anda dijamin tidak dapat melupakan rasanya yang enak dengan harga yang sangat terjangkau. Menyewa mobil adalah pilihan tepat saat ke Yogyakarta. Temukan persewaan yang sesuai dengan Anda pada pencarian sewa mobil Jogja.

0 Response to "5 Tempat Wisata dan Kuliner Khas Yogyakarta untuk Destinasi Anda Berikutnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel