Control Panel untuk VPS, Fitur dan Jenis-Jenisnya - MbahTekno

Control Panel untuk VPS, Fitur dan Jenis-Jenisnya

Control Panel untuk VPS, Fitur dan Jenis-Jenisnya
Jumat, 05 Maret 2021
Perangkat Virtual Private Server atau yang lebih akrab disebut VPS memiliki perangkat control panel yang digunakan untuk mengatur server. Control panel untuk VPS sangat membantu seorang administrator dalam mengelola aneka fungsi dari sebuah server. Penggunaannya dipandang lebih unggul dari pada teks perintah atau yang disebut dengan command line.
Control panel yang dipakai untuk VPS ini ada yang free dan ada pula yang premium atau berbayar. Apakah Anda akan memutuskan yang free atau premium, pastikan Anda mengenali lebih dulu fitur dan fungsinya.

Fitur VPS Control Panel

Mengapa banyak orang memakai control panel pada perangkat VPS ini, tak lain karena kelengkapan menu yang dimiliki sehingga memudahkan untuk mengatur server yang ada. Apa saja fitur yang secara umum ditemukan pada perangkat tersebut? Antara lain:
  • Pengaturan DNS
  • Pengaturan email
  • Pengaturan FTP
  • Pengaturan file system
  • Pengaturan user SSH
  • Pengaturan database pelaporan dan laporan akses
  • Konfigurasi plugin.

Lalu apa untungnya melengkapi VPS dengan control panel?

Selain meningkatkan fungsi dari VPS yang sudah ada, penggunaan control panel ini juga meningkatkan efisiensi kerja administrator. Sebagai contoh misalnya, beberapa jenis control panel memungkinkan pengelolaan beberapa website langsung di satu tampilan dashboard. Termasuk pengaturannya yang lebih praktis dan efisien.

Jenis-jenis Control Panel yang Dipakai untuk VPS

Control Panel Keterangan Free/Premium
Webuzo Webuzo merupakan salah satu pilihan alternatif control panel VPS free yang mudah diinstall. Anda bisa memanfaatkan sebanyak 59 skrip dalam versi gratis. Untuk memakai control panel yang satu ini Anda bisa mengunduhnya di halaman resmi Webuzo. Free, bisa ditingkatkan menjadi premium
ISPConfig ISPConfig termasuk jenis control panel free dengan kualitas dan fungsi terbaik yang bisa Anda gunakan. Memiliki lisensi dari BSD dan memiliki unggahan sebanyak empat puluh ribu perbulannya. Didukung IPv6 serta virtualisasi berkualitas untuk beragam kebutuhan perusahaan. Free/Gratis
Ajenti Jenis control panel ini dikhususkan penggunaannya untuk efisiensi dari eksekusi program. Pihak ajenti menyebutkan sebanyak 55 ribu pengguna aktif memanfaatkan control panel milik mereka. Tampilannya terbilang menarik dengan basis python. Free/Gratis
WHM Pilihan control panel jenis Web Hosting Manager sangat populer sebagai salah satu control panel paling bagus saat ini. Memiliki panel khusus untuk hosting, atau yang sering disebut dengan cPanel. Sebuah perangkat WHM memungkinkan Anda sebagai pengguna bisa membuat sebanyak ratusan cPanel. Fitur yang ditawarkan sangat lengkap dengan proses penginstalan yang lebih khusus. Premium/Berbayar
Plesk Control panel Plesk ini telah mendukung operasi untuk linux maupun windows. Penggunaannya lebih efisien dengan pilihan fitur bervariasi. Memakai control panel yang satu ini memungkinkan Anda bisa mengelola beberapa buah website secara langsung dalam satu tampilan dashboard saja. Selain itu, Anda juga bisa memantau kinerja beberapa web sekaligus di satu dashboard. Premium/Berbayar

Bila Anda memiliki anggaran yang lebih, tentu akan lebih nyaman jika memakai VPS control panel premium dengan keunggulan berbagai fitur dan efisiensi penggunaan yang ditawarkan.

Simak lebih detail setiap fitur yang ditawarkan dari perangkat free atau premium yang ditawarkan. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda dalam mengoperasikan server.

Apakah VPS harus memakai control panel? Sebenarnya tidak, tetapi penggunaan perangkat ini akan lebih meningkatkan fungsi dan efisiensi kinerja Anda dalam mengelola VPS.

Pilihan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis VPS yang dimiliki. Control panel untuk VPS banyak ditawarkan di pasaran. Kenali lebih dulu dan pilihan layanan terbaik yang profesional.

0 Response to "Control Panel untuk VPS, Fitur dan Jenis-Jenisnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel